Si Kecil Belajar Memaafkan

Parenting / 20 August 2008

Kalangan Sendiri

Si Kecil Belajar Memaafkan

Purnama Sari Dewi Gultom Official Writer
3735

Salah satu ajaran yang paling berharga dari orang tua untuk anak-anaknya adalah bagaimana memaafkan orang lain. Sebab dalam kehidupannya kelak, anak pasti akan menemui hal-hal yang tidak menyenangkan serta menyakitkan yang tidak bisa dihindari. Selain bisa melatih anak untuk bersikap tanggung jawab,  mengucapkan kata 'maaf' kelak bisa menghindarkan anak tumbuh menjadi pribadi pendendam yang sulit untuk meminta dan memberikan maaf.

Lalu sulitkah memberikan pemahaman kepada anak agar ia mau meminta maaf kepada orang lain jika ia telah berbuat kesalahan?

Kuncinya adalah kesabaran orang tua

\"\"Dibutuhkan kesabaran orang tua untuk mengajarkan ‘maaf' pada anak-anak terutama pada anak pra sekolah. Pasalnya pada usia ini mereka belum benar-benar memahami nilai ‘benar' dan ‘salah'. Hal ini karena mereka masih memiliki keterbatasan empati dan rasa toleransi. Jangan bosan untuk terus melatih kepekaan perasaan anak-anak sehingga rasa empati serta toleransi benar-benar tumbuh di hati tanpa paksaan. Jadikanlah setiap kejadian dalam keseharian sebagai kesempatan untuk memberikan contoh kepada anak bagaimana memaafkan orang lain.

Tip untuk orang tua

  • Mulailah dari Anda. Jika Anda merasa berbuat salah pada anak, misalnya Anda melupakan janji Anda padanya. Maka meminta maaflah padanya. Ingat, orang tua adalah panutan serta guru terbaik bagi anak-anaknya.
  • Jangan biarkan anak memendam perasaan serta keinginannya. Ajarkan dia untuk selalu membicarakan setiap masalah yang dihadapinya di sekolah. Kemudian ajari juga dia cara melampiaskan amarahnya tersebut dengan cara yang positif. Misalnya, mencoret-coret kertas, meninju bantal atau berteriak di kamar mandi.
  • Ajarkan anak untuk bicara kepada orang yang membuatnya sakit hati untuk memberitahukan bahwa perkataan atau tindakan orang tersebut telah menyakitinya.
  • Dorong anak untuk belajar memaafkan dan melupakan. Katakan padanya bahwa dengan memaafkan, dia akan cepat terlepas dari perasaan marahnya.
Sumber : conectique.com
Halaman :
1

Ikuti Kami