Memperlambat Kerusakan Bumi Dengan Tindakan Kecil

Nasional / 8 August 2008

Kalangan Sendiri

Memperlambat Kerusakan Bumi Dengan Tindakan Kecil

Puji Astuti Official Writer
4353

Bumi semakin hari semakin tua, dan kondisinya semakin buruk. Hal ini bertambah buruk dengan pola hidup penduduk bumi yang tidak bertanggung jawab yang semakin memperbesar efek pemanasan global atau yang lebih dikenal dengan Global Warming. Kesadaran akan keadaan bumi ini, membuat para mahasiswa President University, Kota Jababeka yang tergabung dalam Green Planet Supporters (GPS) memulai sebuah gerakan yang bertajuk "Start With Small Things to Save Planet" pada Youth Global Waring Confrence 2008.

"Hal ini pada dasarnya adalah melakukan tindakan-tindakan kecil seperti membuang sampah pada tempatnya dan menanam pohon untuk mengurangi efek dari global warming,"demikian ungkap salah seorang panitia.

Youth Global Waring Confrence 2008 yang diselenggarakan pada 5-6 Agustus lalu itu mengundang 25 universitas lain, seperti UI (Universitas Indonesia, IPB (Institute Pertanian Bogor), UKI (Universitas Kristen Indonesia),  Ukrida, Trisakti, SGU (Swiss German University), dan masih banyak yang lainnya.

Tujuan dari konfrensi kali ini adalah untuk mengkomunikasikan gerakan anti pemanasan global dianatara mahasiswa dan kaum muda serta menyemangati  universitas-universitas di Indonesia untuk mengurangi dampak-dampak negatif dari pemanasan global.

Seperti tajuk yang diambil, "Start With Small Things to Save Planet" sasaran dari Youth Global Warming Conference ini adalah sebagai berikut :
1. Membuang sampah pada tempatnya

2. Penggunaan kertas secara efektif dan efesien

3. Penghematan dalam penggunaan listrik dan air

4. Penggunaan transportasi yang tepat dan efesien

Event yang sangat penting bagi kelangsungan bumi ini mendapat dukungan penuh dari WWF (World Wide Fund) dan UNDP (United Nations Development Programme). Penyelenggara berharap Youth Global Warming Conference ini dapat dilaksanakan secara berkala oleh universitas yang berbeda.

Selain konfrensi dan diskusi, acara  ini juga melakukan penanaman pohon di Botanical Garden, Kota Jababeka. Ada pesan yang harus selalu diingat melalui kegerekan yang dibangun para mahasiswa ini bagi setiap orang, "Mari kita jaga bumi ini and make our planet keep green!"

Sumber : Jawaban.com/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami