Mengatasi Ketakutan

Kata Alkitab / 7 August 2008

Kalangan Sendiri

Mengatasi Ketakutan

Admin Spiritual Official Writer
5695
Pertama-tama, biarkan saya mengingatkan bahwa ketakutan bukanlah dari Tuhan, tapi dari iblis. 2 Timotius 1:7 mengatakan, "Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban." Setiap kali Anda merasa takut dalam hidup Anda, itu adalah manifestasi dari kerajaan kegelapan. Saya sering mengatakan bahwa ketakutan adalah suatu roh, yaitu roh yang digunakan iblis untuk mencoba mengendalikan anak-anak Tuhan dan mencegah mereka datang kepada Pemimpin yang sejati yaitu Yesus.

Banyak orang tidak pernah bisa memenuhi panggilan Tuhan dalam hidup mereka hanya karena setiap kali mereka mencoba untuk maju, iblis menggunakan ketakutan untuk menghentikan mereka. Iblis menggunakan ketakutan untuk mencegah orang menikmati kehidupan mereka. Ketakutan menbawa siksaan, menurut 1Yoh 4:18, dan dengan ketakutan, Anda tentu saja tidak bisa menikmati hidup dan tersiksa pada waktu yang bersamaan.

Saya ingin mendorong semangat Anda untuk mengambil alih kekuasaan atas ketakutan. Apa yang Anda takutkan? Apakah ada area-area kehidupan Anda yang lumpuh atau tertahan karena ketakutan? Iblis selalu mencoba membawa ketakutan untuk melawan kita pada beberapa waktu yang berbeda. Itu adalah salah satu dari senjatanya. Hal yang harus kita pelajari adalah tidak takut atau tunduk pada ketakutan.

Iblis membawa ketakutan, tapi Anda bisa memilih tidak untuk berlutut kepada ketakutan itu. Daud mengatakan, "Waktu aku takut, aku ini percaya kepada-Mu" (Mazmur 56:3). Saya percaya Anda bisa mengatakan itu saat Tuhan memimpin Anda untuk melangkah keluar area untuk melakukan sesuatu yang baru, atau memimpin Anda untuk membuat komitmen yang lebih besar, saat Anda mungkin merasa takut. Tapi bagaimanapun juga, jika Anda yakin Tuhan menyuruh Anda melakukanya, percayalah kepadaNya dan melangkahlah maju.

Saya melakukan hal yang sama dalam hidup saya selama ini. Bertahun-tahun yang lalu, kmi menyaadri bahwa kami membutuhkan ruangan yang lebih luas untuk kantor kami. Pada waktu yang sama, kamimembutuhkan tambahan karyawan, yang akan membutuhkan tambahan meja, komputer, telpon, dan sebagainya. Kami mempunyai pilihan. Kami telah berdoa untuk pertumbuhan agar kami dapat menolong lebih banyak orang. Dan semuanya memang meningkat, pemesanan, permintaan pembicara, telepon masuk, email, dan sebagainya. Itu adalah waktu Tuhan, dan Dia bergerak maju.

Kami harus memutuskan apakah kami ingn tetap berdiri dalam ketakutan atau maju bersama Tuhan. Jika kami tidak mau menyewa tambahan ruangan dan mempekerjakan lebih banyak orang, kami tidak bisa mengejar pertumbuhan itu. Saya bisa memberitahu Anda dengan pasti bahwa waktu itu ketakutan mencoba menghentikan saya. Saya mendengar kata-kata seperti, "Joyce, kamu mau bertindak melebihi kemampuanmu", "Itu berarti terlalu banyak uang yang harus dikeluarkan", "Bagaimana kalau peningkatan itu tidak berlanjut?" Saya yakin Anda semua tahu kata-kata seperti itu, mungkin Anda sudah pernah mendengarnya dalam pikiran Anda juga.

Kami tentu saja tidak ingin bergerak dalam kedagingan atau bergerak di luar waktu Tuhan, tapi saat Tuhan sedang bergerak maju, kami tidak bisa takut untuk bergerak bersamaNya. Dalam situasi yang saya ceritakan pada Anda, saya mempunyai pilihan untuk dipimpin oleh kepala saya atau mengikuti pimpinan Roh Kudus. Iblis membawa ketakutan ke dalam pikiran dan emosi Anda. Anda mungkin merasa gemetar secara fisik, tapi biarkan Roh Kudus memimpin Anda. Jangan takut pada ketakutan, dan saat Anda merasa takut, percayalah kepadaNya.

Beberapa ketakutan yang umum adalah takut terhadap kekurangan, kematian, kesepian, orang-orang, otoritas, komitmen, ketinggian, kuman penyakit, ruangan tertutup, terbang dengan pesawat, anjing, kucing, kegagalan, penolakan, ditertawakan, bahkan takut untuk menjadi menarik. Jika Anda pergi ke perpustakaan dan membaca daftar tentang istilah-istilah phobia, itu 4 halaman panjangnya. Bahkan di dalamnya juga termasuk "phobaphobia", yaitu takut untuk menjadi takut. Daftarnya seolah-olah tanpa akhir.

Itu meyakinkan saya bagaimana kerasnya iblis bekerja dalam area ini. Yesaya 41:10 mengatakan, "janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau..." Saya percaya Tuhan memproses kita untuk membawa kita keluar dari keterikatan itu dan bebas. Jika Anda takut akan sesuatu dan ingin bebas, waktunya akan tiba dimana Anda harus menghadapi ketakutan Anda dan tidak berlari menjauh darinya. Jika Anda takut terhadap orang-orang dengan otoritas, waktunya akan tiba dimana Anda harus berkonfrontasi dengan figur yang mempunyai otoritas dan tidak menghindar dalam ketakutan. Tuhan akan mengatur waktunya. Dia akan ada di sana, tapi Anda harus memilih apakah Anda mau melaluinya ataukah berlari menghindar.

Jika Anda berada di salah satu persimpangan jalan ini dalam hidup Anda, biarkan saya mendorong Anda untuk terus maju. Jangan berdiri mematung dalam ketakutan, tapi genggamlah tanganNya dan melangkah maju. Ingatlah, ketakutan itu menyiksa dan Tuhan ingin membebaskan Anda dari semua ketakutan Anda.

Sumber : joyce meyer
Halaman :
1

Ikuti Kami