Sehatkah Juice Buah untuk Anak?

Gizi & Nutrisi / 4 August 2008

Kalangan Sendiri

Sehatkah Juice Buah untuk Anak?

Lestari99 Official Writer
10062

\"\"Meminum juice buah memang sangat baik bagi kesehatan tubuh, apalagi disajikan kepada anak-anak yang memang memerlukan gizi lebih sebagai makanan tambahan. Namun, bukan berarti makanan pengganti seperti juice buah bisa menggantikan posisi ASI atau susu formula.

The American Academy of Peditricians mengungkapkan bahwa bayi yang minum terlalu banyak juice buah-buahan mungkin saja akan menyebabkan kekurangan gizi jika rata-rata minum juice telah menggantikan posisi ASI atau susu formula. Di AS, anak-anak adalah konsumen juice buah-buahan tertinggi. Para ahli mengungkapkan bahwa juice yang banyak beredar di pasaran kurang dapat memenuhi nutrisi bagi anak. Juice seperti itu hanyalah mengandung kalori ekstra dari gula yang berperan besar terhadap gejala kegemukan pada anak-anak.

Juice buah-buahan juga tidak mengandung jumlah protein, lemak, mineral atau vitamin yang jelas selain vitamin C, menurut dokter anak. Melainkan mengandung karbohidrat, dalam bentuk gula, yang jika dikonsumsi secara berlebihan akan mengakibatkan diare, sakit pada bagian perut, kembung dan gas dalam perut.

\"\"Meskipun beberapa juice buah di pasaran dilengkapi dengan kalsium untuk meningkatkan kekuatan tulang dan gigi, banyak diantaranya yang sebenarnya tidak mengandung kalsium, tegas dokter. Kenyataannya, seorang anak yang memegang botol, gelas, atau kotak yang berisi juice dalam mulutnya selama beberapa lama atau di waktu tidur, sebenarnya, akan meningkatkan resiko pembusukan gigi.

Oleh karena itu, para orang tua harus menyadari beberapa minuman buah atau "cocktails" yang beredar di pasaran tidak mengandung 100% juice buah-buahan, tetapi mengandung pemanis tambahan, rasa buatan dan bahan-bahan lain. Juice yang 100% buah-buahan asli merupakan bagian yang menyehatkan untuk diet pada anak-anak, jika diberikan dalam jumlah yang sesuai.

Selain itu, juice yang berdar di pasaran juga bisa menyebabkan kegemukan karena cairan dalam juice sebagian besar mengandung gula, yang akan menyebabkan tubuh gemuk. Kegemukan pada anak-anak menyebabkan anak akan mudah terserang penyakit seperti diabetes. Dengan meminum juice seperti itu, tidak akan mendapatkan cukup kalsium dan vitamin D, yang kedua-duanya dapat ditemukan pada susu. Sebaiknya, jika ingin minum juice buah, haruslah juice buah yang asli 100%. Namun, harus dikonsumsi tidak secara berlebihan.

Sumber : perempuan.com
Halaman :
1

Ikuti Kami