Malaysia Tak Ijinkan Waria Beraksi

Nasional / 30 July 2008

Kalangan Sendiri

Malaysia Tak Ijinkan Waria Beraksi

Puji Astuti Official Writer
5363

Pemerintah Islam di negara bagian Kelantan, Malaysia, yang dikuasai Partai Islam se-Malaysia (PAS), membubarkan kontes waria dan menangkap sedikitnya 16 orang yang berpartisipasi dalam kontes yang disebut penyelenggaranya, kontes Miss Universe Asia 2008.

PAS yang berusaha menjadikan Malaysia sebagai negara Islam, sebelumnya juga telah memberlakukan penerapan hukuman pidana bagi perempuan dengan pakaian ketat serta memperketat hukuman yang mengharuskan lelaki dan perempuan mengantri secara terpisah di toko.

Asisten Direktur Penegakan Hukum Kelantan, Mohamad Abdul Aziz mengatakan sekitar 300 orang hadir sebagai penonton di hotel tempat kontes diselenggarakan. Pihaknya menangkap 16 waria, yang berusia antara 20-30 tahun. Sementara sekitar 50 waria lainnya, yang juga akan berpartisipasi dalam kontes itu, berhasil melarikan diri.

Surat kabar Malaysia, New Sunday Times menyebutkan para kontestan sebagian besar berprofesi sebagai guru dan karyawan bank. Para kontestan yang ditangkap, sebagian terlihat mengenakan busana tradisional melayu dan sebagian lainnya mengenakan gaun malam.

Mohamad mengatakan, tindakan tegas akan diberlakukan bagi para waria itu sesuai dengan syariat Islam, karena berpakaian dan bergaya seperti perempuan. Mereka diancam hukuman penjara hingga enam bulan.

Sumber : Suara Pembaruan/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami