Asyiknya Jadi Jomblo...

Single / 28 July 2008

Kalangan Sendiri

Asyiknya Jadi Jomblo...

Purnama Sari Dewi Gultom Official Writer
6274

Memang ada hari-hari ketika Anda mempertanyakan "Mengapa menjadi single sangat memuakkan?", saat Anda melihat tempat-tempat yang Anda kunjungi dipenuhi oleh pasangan-pasangan dan juga anak-anak mereka yang lucu, sementara Anda sedang duduk sendiri. Atau saat Anda menerima (lagi) undangan pernikahan teman dan tidak tahu harus datang dengan siapa, serta membayangkan siapa yang kelak akan menjadi pasangan Anda di altar saat giliran Anda tiba.

Tapi untungnya ini bukan keseluruhan ceritanya. Menjadi single juga mempunyai sisi yang lain:

Kebebasan

\"\"Anda bisa menginap atau berekreasi bersama teman, bangun di pagi hari dan melahap kue sambil menonton TV tanpa harus merepotkan penampilan Anda yang ‘ala kadarnya'. Anda bisa melakukan apapun juga dengan spontan, bebas dan fleksibel karena apapun yang Anda lakukan tidak akan mempengaruhi pasangan atau anak-anak Anda (jika seandainya Anda telah menikah).

Tentu, suatu hari nanti kita semua akan menyukai malam-malam kencan atau kebersamaan dengan pasangan kita, tapi saat ini adalah kesempatan terbesar kita untuk merasakan kebebasan dan fleksibilitas hidup sebagai seorang single.

Pengalaman Teman-Teman Yang Sudah Menikah

Kalau Anda punya sahabat yang sudah menikah, Anda dapat belajar dari pengalaman-pengalaman mereka. Apa saja masalah-masalah rumah tangga yang mereka alami dan bagaimana cara mereka menanganinya, komunikasi dan hubungan dengan pasangan, konflik yang terjadi dan sebagainya.

Karena dengan mendengarkan mereka, Anda akan ‘menerima' kenyataan bahwa pernikahan tidak hanya dipenuhi dengan coklat dan hal-hal yang romantis. Mungkin sebagai single Anda terkadang mengalami saat-saat yang tidak menyenangkan, tapi cerita mereka akan mengingatkan Anda bahwa kehidupan pernikahan juga terkadang mempunyai saat-saat seperti itu juga.

\"\"Teman-Teman Pria

Kalau Anda sudah menikah, mungkin Anda tidak bisa menjalin persahabatan dengan teman-teman pria Anda seperti saat ini. Mereka bisa membantu Anda melakukan pekerjaan berat dan juga berdiskusi dengan Anda. Anda dapat belajar melihat sesuatu dari sudut pandang mereka dan itu akan menambah pengetahuan Anda dan membantu Anda memahami perbedaan cara pandang pria dan wanita dalam menangani berbagai hal. Itu sangat mengasyikkan.

Waktu Untuk Sendiri

Anda mempunyai banyak waktu untuk menikmati kesendirian Anda saat Anda membutuhkannya. Anda bisa melakukan pekerjaan rumah sambil bernyanyi mengiringi lagu di radio, membaca buku selama beberapa jam tanpa gangguan dan lain-lain. Ada saat-saat tenang dalam hidup Anda yang tidak akan Anda tukar dengan apapun, meskipun kadang Anda merasa kesepian. Namun Anda dapat berpaling pada Tuhan setiap Anda merasa sendiri, merasakan kehadiran-Nya dengan lebih intens tanpa ‘gangguan' dari suami dan anak-anak.

Teman-Teman Sesama Single

Ada satu jenis hubungan yang tidak dapat tergantikan dengan hubungan yang lain, yaitu persahabatan dengan teman-teman Anda. Mungkin Anda juga punya ‘geng' sendiri. Kalau Anda renungkan saat-saat bersama mereka, Anda akan sangat bersyukur dan terkagum bagaimana cara Tuhan membawa mereka satu-persatu ke dalam kehidupan Anda, mendampingi kala Anda mengalami kesusahan, tertawa bersama Anda, berpetualang bersama Anda,...

\"\"Mungkin suatu hari nanti Anda dan mereka tidak dapat bersama sesering sekarang, saat (dan jika) mereka atau Anda sudah berkeluarga. Tapi sampai saat itu tiba, Anda benar-benar dapat bersyukur untuk teman-teman Anda. Dan melihat bagaimana Tuhan membawa mereka kepada Anda memberi Anda keyakinan bahwa jika seorang pasangan adalah kehendak-Nya untuk Anda, Dia juga akan melakukan hal yang sama dengan pasangan hidup Anda.

Tips Untuk Para Single

• Bertanyalah pada teman-teman Anda yang telah menikah, hal-hal apa yang paling mereka rindukan saat mereka masih single. Apakah itu rekreasi ke luar pulau, kursus fotografi, atau hal-hal yang mungkin tidak sempat lagi mereka lakukan karena sudah berkeluarga. Ambil kesempatan yang ada saat ini agar kelak Anda tidak menyesal.

• Apa yang Anda ingin lakukan dalam hidup ini? Menulis buku? Melanjutkan pendidikan? Jalan-jalan ke luar negeri? Buatlah daftar dari semua keinginan Anda ini, lalu pilih salah satu dan lakukanlah! Jangan menghentikan hidup Anda untuk menunggu seorang pasangan.

• Alkitab mengatakan ada maksud atau tujuan yang spesifik untuk setiap musim kehidupan. Berdoa dan bertanyalah pada Tuhan apa yang Dia ingin Anda pelajari atau lakukan di saat ini. Ketaatan Anda akan semakin mendekatkan Anda pada-Nya dan rencana-Nya atas seluruh bidang kehidupan Anda.

\"\"• Karena Anda tidak sedang memfokuskan sebagian besar energi Anda untuk keluarga, Anda punya banyak hal untuk diberikan. Ada kelas-kelas sekolah minggu, keluarga yang baru pindah ke lingkungan Anda dan tetangga yang mungkin merasa sangat terbantu oleh keterlibatan Anda dalam hidup mereka.

• Ada banyak hal yang dapat Anda lihat dan alami di dunia ini, dan sekarang adalah kesempatan terbaik Anda! Raih sebanyak mungkin pengalaman dengan berpetualang selama liburan bersama teman-teman Anda, perkaya hidup Anda dengan memperluas pergaulan dan pengalaman! Anda tidak akan pernah tahu siapa yang mungkin akan Anda temui di tengah perjalanan!

Sumber : christianitytoday
Halaman :
1

Ikuti Kami