Uang Siapa Ini? Semua Jari Terangkat

Nasional / 21 July 2008

Kalangan Sendiri

Uang Siapa Ini? Semua Jari Terangkat

Puji Astuti Official Writer
4789

Apakah yang Anda lakukan jika Anda menemukan uang Rp. 50.000.- di jalan? Mungkin, dari pada pusing menyerahkannya ke kantor polisi, Anda pikir lebih baik dikantongi. Namun di Taipei, ada seorang mahasiswi yang bisa memegang integritasnya ketika menemukan uang 100 ribu dolar Taiwan (Sekitar Rp28 juta) yang tergeletak di jalanan.

Sebagaimana dikutip kantor berita Dpa dari harian Liberty Times, seorang mahasiswi awal pekan lalu menemukan kantong berisi uang tersebut di Taichung, Taiwan tengah. Sang mahasiswi, Hsieh Chia-yin, menjaga uang itu di tempat tergeletak dan berharap sang pemilik muncul.

Tapi, sepuluh menit berlalu dan tidak ada orang yang terlihat kehilangan uang. Pemudi jujur itu pun memutuskan untuk menyerahkan uang itu ke kantor polisi.

Koran-koran kemudian menerbitkan temuan Hsieh dan dalam waktu singkat sekitar 50 orang menelpon ke kantor polisi sertaa mengaku sebagai pemilik uang itu.

Setiap penelephon mampu menunjukkan dengan benar tempat mereka kehilangan uang , tapi mungkin saja mereka tahu karena mengutip rincian berita koran. Mereka baru bungkam setelah polisi bertanya dari bank mana uang kertas yang masih baru itu ditarik. Mereka makin terpojok ketika polisi minta bukti cek yang menunjukkan penarikan 100 ribu dolar Taiwan.

Liberty Times melaporkan bahwa kepolisian Taichung akan menyimpan uang itu hingga enam bulan. Jika setelah batas waktu tidak ada orang yang bisa menunjukkan bukti kepemilikan atas uang itu, sang mahasiswi Hsieh berhak atas uang tersebut, sebagaimana undang-undang di Taiwan.

Sumber : Antara/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami