Anak Punya Hobi? Harus!

Parenting / 18 July 2008

Kalangan Sendiri

Anak Punya Hobi? Harus!

Purnama Sari Dewi Gultom Official Writer
2978

Memiliki hobi banyak keuntungannya terutama bagi anak. Selain jadi sarana ekspresi diri, juga sebagai alat pendidikan. Nah, jika Anda sudah siap dengan gagasan mengembangkan dan memupuk hobi anak, berikut langkah yang bisa diambil.

1. Beri contoh yang baik

Berdasarkan pengalaman, umumnya anak cenderung punya hobi karena melihat kebiasaan yang ada di rumah atau dari hobi orang tuanya.

2. Siapkan ruang

Anak membutuhan ruangan untuk melakukan kegiatan dan hobinya. Sediakan ruang di ujung ruang makan atau di garasi, misalnya. Usahakan tak ada yang mengganggu gugat daerah itu sehingga anak bisa berkreasi dengan bebas.

3. Luangkan waktu untuk membantu

Tidak ada yang akan membunuh hobi anak selain padamnya antusiasme dan rasa frustrasi ketika anak tak bisa menyelesaikan karya atau kegiatannya. Jadi, bantu dia. Dengan demikian, anak merasa didukung dan akan makin semangat menekuni hobinya.

4. Batasi jam menonton televisi

Tak mungkin kan mengerjakan hobi sambil sekaligus main game di komputer atau nonton televisi? Nah, daripada anak menghabiskan waktu di depan televisi atau komputer, batasi jam menonton televisi, kemudian beri mereka aktivitas yang lebih berguna.

Bagaimanapun juga anak-anak adalah milik pusakanya Tuhan. Sudah pada tempatnya jika Anda selaku orang tua senantiasa mengarahkan anak-anak untuk senantiasa berjalan dalam kebenaran Illahi. Ajarlah anak-anak Anda untuk senantiasa melakukan aktivitas yang positif dan tidak mencemari dirinya dengan hal-hal yang tidak membangun. Mazmur 132:12 mengatakan, "Jika anak-anakmu berpegang pada perjanjian-Ku, dan pada peraturan-peraturan-Ku yang Kuajarkan kepada mereka, maka anak-anak mereka selama-lamanya akan duduk di atas takhtamu."

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami