Todd Bentley, Penginjil Bertato Dan Tindik

Internasional / 14 July 2008

Kalangan Sendiri

Todd Bentley, Penginjil Bertato Dan Tindik

Puji Astuti Official Writer
10488

Seorang lagi penginjil yang memiliki karunia kesembuhan mencuat di dunia International dengan penuh Kontroversial. Orang ini bernama Todd Bentley, pria berumur 32 tahun ini seluruh tubuhnya bertato, dari jari hingga lehernya. Bahkan pria yang berteriak "Bam!" tiap kali menumpangkan tangan atas orang sakit ini, menindik bibirnya dan menggunakan asesoris dibibir bagian bawahnya.

KKR kesembuhan mungkin bukan hal baru dalam dunia keKristenan. Namun selama ini yang dikenal sebagai pribadi-pribadi yang diurapi Tuhan itu adalah pendeta-pendeta dengan penampilan rapi dan penuh karisma. Namun kali ini adalah seorang anak muda dengan gaya dan penampilan yang tak dipoles mengikuti para penginjil generasi sebelumnya. Hanya dalam beberapa bulan, secara fenomenal anak muda ini menjadi perhatian dunia religius dari seluruh penjuru bumi. Dia bukan hanya menarik simpati, tapi juga kritik.

Todd Bentley, pria warga negara Kanada ini mengklaim telah melakukan ribuan penyembuhan yang bisa dibuktikan secara medis. CBN News yang melakukan reportase langsung dimana Todd melakukan KKR, menyaksikan delapan orang yang duduk di kursi roda disembuhkan, berdiri dan meninggalkan kursi rodanya.

Salah satunya adalah seorang penderita kanker bernama Dara Erickson. "Saya menderita tumor yang sudah mencapai bagian tulang belakang saya. Hal ini membuat tulang belakang saya rapuh dan menghancurkan tulang-tulang saya," katanya.

Kesembuhan yang dialaminya secara bertahap selama empat hari empat malam dia menghadiri KKR tersebut.

"Saya rasa itu mulai saya rasakan pada hari keempat, ketika saya berdiri meninggalkan kursi roda. Akhirnya saya bisa berjalan kembali. Saya merasakan kaki saya semakin lama semakin kuat."

Namun apa yang dilakukan oleh Todd menuai berbagai kritik, salah satunya dari J. Lee Grady, editor dari sebuah majalah aliran Pantekosta, Charisma. "Beberapa bahasa yang digunakan sepanjang KKR di Lakeland atmosfernya lebih ke arah pertunjukan. Orang-orang diundang untuk "Datang dan dapatkan lebih lagi." Mujizat dibuat menjadi seperti ledakan popcorn. Hal itu menjadikan pekerjaan Roh Kudus menjadi sesuatu yang murahan."

Ketika Todd melakukan penyembuhan, dia biasanya menggunakan jeans dan  T-Shirt, ketika KKR berlangsung orang-orang sakit dibawa dari dua sisi panggung. Asisten Todd kemudian mengumumkan kondisi masing-masing orang dan mereka berasal dari mana.

Terkadang, Todd juga bernubuat  dan mengklaim bahwa di antara kerumunan pengunjung ada penderita tumor, atau berbagai penyakit lainnya.

Todd memberikan kemuliaan bagi Tuhan, tetapi para pengkritiknya mengatakan bahwa Todd sangat jarang membuka Alkitab atau memberitakan tentang Yesus Kristus. Mereka menguatirkan jika hal it uterus berlangsung, hal itu akan membuat umat terfokus pada pribadi Todd sebagai si pembuat mujizat.

Selain KKR yang dilangsungkan secara roadshow di beberapa kota, apa yang dilakukan Todd juga disiarkan melalui internet streaming di GodTV. Pemirsanya diperkirakan lebih dari 400.000 orang dari seluruh dunia setiap kali tayang. Di halaman Todd sendiri dikunjungi oleh 8 juta orang saat ini.

Selain itu juga cara pelayanan yang dilakukan Todd yang ekstrim juga menuai banyak kontroversi. Contohnya adalah bagaimana Todd mengklaim mendapat suara dari Tuhan untuk menendang dengan lututnya kea rah perut seorang yang mengalami kanker di perutnya. Juga Todd yang menendang wajah seorang perempuan tua, membanting seorang wanita yang kakinya cacat ke tanah, dan juga banyak hal lainnya.

"Orang hanya tidak mengerti mengapa Tuhan menyuruh saya melakukannya dengan cara seperti itu," jawabnya. "Ketika saya menendang wanita itu diwajahnya, dia tidak terluka, tapi dia disembuhkan. Demikian juga ratusan orang lain saat itu."

"Tapi ketika saya menendang dengan sangat keras seorang pria hingga giginya tanggal, itu adalah sebuah kecelakaan."

"Tetapi yang orang tidak tahu bahwa dia adalah seorang dokter gigi. Dan pada saat itu dia mengalami mujizat dalam hidupnya. Dia disembuhkan dari penyakit kanker dan menjadi salah satu pendukung pelayanan kami. Dan setelah kejadian itu dia bersaksi bahwa dia tidak pernah merasakan sakit apapun lagi."

Salah satu lagi hal kontroversi dari Todd Bentley adalah pengakuannya tentang pengalamannya dikunjungi malaikat bernama ‘Emma" pada tahun 2001. Dia mendapat penglihatan bertemu dengan malaikat perempuan itu, dan mengalami hujam debu emas, yang akhirnya membawanya kepada terobosan dalam kestabilan financial.

Kebangunan rohani ini mungkin mirip dengan apa yang terjadi di Toronto dan Pensacola beberapa tahun lalu, demikian penjelasan Vinson Synan, professor tentang sejarah gereja di Universitas Regent. Tapi bedanya Todd terfokus pada kesembuhan, dan sedikit dalam pengajaran, dan tentu saja yang sangat berbeda adalah penampilannya.

"Hal yang sama yang saya perhatikan adalah, menyemangati orang terlibat pujian dan penyembahan, namun kurang dalam hal pengajaran dan kotbah, tidak seperti yang biasanya," demikian uangkap Synan. "Saya mengatakan pada kelas saya bahwa dia adalah penginjil yang tidak pernah akan muncul dalam bayangan Anda, jika Anda bandingkan dengan Billy Graham atau Oral Robert."

Bagaimanapun, pada hari-hari terakhir akan muncul banyak penyesat. Untuk itulah segala sesuatu harus diuji terlebih dahulu. Tidak berarti mereka yang melakukan banyak mujizat berasal dari Tuhan, karena dalam firman Tuhan pun tertulis, "Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!" Namun bukan berarti bahwa hal itu menjadi pembenaran untuk menghakimi orang tersebut sesat, segalanya harus diuji, dengan kebenaran firman Tuhan, dan tuntunan Roh Kudus.

Sumber : Berbagai Sumber/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami