Arab Saudi, Prakarsai Konfrensi Islam, Kristen dan Yahudi

Arab Saudi, Prakarsai Konfrensi Islam, Kristen dan Yahudi

Puji Astuti Official Writer
5335

Kristen, Yahudi dan Islam, tiga agama besar didunia ini akan bertemu di Madrid dalam beberapa hari kedepan ini. Hal ini bisa jadi pertemuan lintas agama terbesar yang akan dicatat sejarah.

Konfrensi yang akan berlangsung tiga hari ini, akan dilaksanakan atas prakarsa dari Arab Saudi. Tujuan konfrensi ini adalah untuk berbagi banyak hal yang menjadi warisan dari keturunan Abraham. Dalam pertemuan tersebut akan dihadiri banyak pemimpin baik mereka yang menjadi figure pemersatu dalam dunia internasional seperti mantan presiden AS, Al Gore dan juga pemimpin dalam bidang rohani seperti dari Kristen akan hadir Franklin Graham, dan juga Uskup Agung Canterbury, Rowan Williams.

 

Selain itu juga akan hadir sekitar 200 orang pemimpin agama, baik dari Muslim maupun Yahudi. Dari Yahudi sendiri akan hadir Rabi David Rosen, pemimpin dari para rabi di Irlandia dan kepala komite dari American Jewish Committe.

 

Sekalipun Israel dan Arab Saudi tidak memiliki hubungan diplomatik secara khusus, Rosen berkata bahwa dia percaya konfrensi ini akan banyak mempromosikan perdamaian dan saling pengertian antara dua negara tersebut.

 

"Saya pikir hal ini akan menghasilkan sesuatu yang besar," demikian pernyataannya pada AP.

 

Pemimpin Arab Saudi, Raja Abdullah berharap melalui konfrensi ini dapat memfasilitasi hubungan antara tiga aliran agama besar didunia ini dan akan membantu dunia untuk memiliki pandangan yang baru mengenai Islam.

 

Konfrensi ini akan diselenggarakan di Madrid, pada tanggal 16-18 Juli 2008.

Sumber : Christian Post/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami