Luangkan Waktu Untuk Si Kecil

Parenting / 8 July 2008

Kalangan Sendiri

Luangkan Waktu Untuk Si Kecil

Purnama Sari Dewi Gultom Official Writer
3399

Apakah Anda sangat sibuk sehingga merasa tak punya waktu bagi anak-anak Anda? Para peneliti di AS menemukan beberapa cara kreatif bagi orang tua agar tetap bisa terlibat dalam tumbuh-kembang anak-anak mereka.

Atur Waktu Sedemikian Rupa

Misalnya jika Anda dan suami bekerja seharian penuh, usahakanlah bisa bekerja pada jam yang berbeda, sehingga salah satu dari Anda bisa selalu berada di rumah bersama anak-anak. Jika tak bisa, pilih waktu di mana Anda bisa menemani anak-anak secara penuh. Misalnya di hari libur.

Kerjakan Hal-hal Kecil Sekaligus

\"\"Misalnya, Anda bisa memasak tepat di samping Si Kecil yang sedang menyelesaikan pekerjaan rumahnya di meja makan. Dengan demikian, Anda siap menjawab pertanyaan buah hati. Atau saat Anda harus menjemput Si Sulung ke sekolah, Anda dapat mengajak sang adik mengerjakan PR-nya di dalam mobil sambil menunggu sang kakak keluar dari sekolah.

Belajar Sambil Berjalan

Ketika Anda mengantarkan Si Upik ke sekolah, Anda dapat menggunakan waktu tersebut untuk berbicara mengenai bagian-bagian dari keluarga yang kurang aman bagi putri Anda, dan bagaimana caranya agar ia bisa melindungi dirinya dari hal-hal itu.

Misalnya, mengingatkannya agar selalu menghindari bermain api. Anak-anak selalu belajar dari waktu ke waktu, bahkan bila Anda berbicara kepada mereka sambil berjalan seperti ini. Proses seperti ini pun akan membantu pembelajaran anak.

Belajar Menjadi Manajer

Sebagai orang tua yang sibuk, Anda seringkali tidak dapat mengerjakan segala sesuatunya sendirian. Maka, adalah penting untuk belajar menjadi seorang manajer, yaitu dengan mengatur orang lain untuk membantu Anda. Misalnya, meminta bantuan babysitter khusus siang hari saat Anda bekerja, misalnya.

\"\"Periksa Tugas Sekolah Pada Awal Hari

Anda bisa menggunakan pagi hari sebagai saat untuk memeriksa pekerjaan rumah bersama Si Buyung, sebelum ia berangkat sekolah. Sesekali, bertandanglah ke sekolah dan berbincanglah dengan gurunya perihal perkembangan Si Buyung.

Hal Berbeda Di Akhir Pekan

Jika Anda harus meninggalkan rumah sebelum anak-anak bangun, Anda bisa menggunakan hari libur sebagai ajang untuk mendekatkan diri kepada anak. Misalnya, membangunkan anak-anak lebih awal di hari Minggu dan menciptakan acara spesial. Misalnya makan siang bersama di restoran favorit atau berenang bersama.

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami