Buku Pelajaran Sekolah Sekarang Gratis

Nasional / 27 June 2008

Kalangan Sendiri

Buku Pelajaran Sekolah Sekarang Gratis

Puji Astuti Official Writer
5822

Mencerdaskan rakyat, tanpa fasilitas yang mendukung seperti buku-buku pelajaran yang terjangkau oleh kantong masyarakat adalah sesuatu yang mustahil. Hal ini disadari betul oleh pemerintah, sehingga meluncurkan buku elektronik untuk buku ajar sekolah bagi siswa SD, SMP dan SMA. Buku elektronik ini dapat diunduh secara gratis melalui website http://bse.depdiknas.go.id .  Buku Elektronik atau buku murah ini merupakan buku dengan standar kelayakan yang direkomendasikan BNNP. Hingga saat ini sudah 49 judul buku pelajaran yang bisa diakses, yang terdiri dari pelajaran SD, SMP dan SMA.

Apa yang menjadi visi misi dari Debdiknas dengan meluncurkan situs buku elektronik gratis ini adalah sebagai berikut :

Visi dan Misi

Menyediakan buku sekolah yang memenuhi standar, bermutu, murah dan mudah diperoleh.

Tujuan

1. Menyediakan sumber belajar alternatif bagi siswa.

2. Merangsang siswa untuk berpikir kreatif dengan bantuan teknologi informasi dan komunikasi

3. Memberi peluang kebebasan untuk menggandakan, mencetak, memfotocopy, mengalihmediakan, dan/atau memperdagangkan BSE tanpa prosedur perijinan, dan bebas biaya royalti sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan Menteri.

4. Memberi peluang bisnis bagi siapa saja untuk menggandakan dan memperdagangkan dengan proyeksi keuntungan 15% sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan Menteri.

Sasaran

BSE ditujukan untuk siswa, guru, dan seluruh masyarakat Indonesia.

Sayangnya, sekalipun gratis, namun karena buku elektronik ini menggunakan teknologi seperti internet dan komputer, tentunya hal ini kurang tepat sasaran jika ditujukan bagi kalangan ekonomi lemah. Jadi, sekalipun buku elektronik ini sendiri sebuah terobosan bagi debdiknas, namun penyediaan buku murah bagi masyarakat tetap diperlukan, jika pemerintah berharap lahirnya generasi anak bangsa yang berkualitas.

Sumber : Berbagai sumber/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami