Reportase Langsung Communicasia 2008

Reportase Langsung Communicasia 2008

yosefel Official Writer
3957
Communicasia 2008 kembali digelar dari 17 Juni sampai 20 Juni 2008. Kali ini Jawaban.Com (JC) berkesempatan untuk meliput langsung perhelatan akbar bagi para insan TI (Teknologi Informasi) di seluruh penjuru benua Asia ini.

Simak hasil liputan Yuwel Satriya Darma - reporter senior Jawaban Com langsung dari Singapore Expo - Singapura.

Google vs Yahoo
Duel klasik antara Google dan Yahoo masih berlanjut di perhelatan akbar ini. Google hadir dengan senjata baru yang diberi nama Android. Piranti ini merupakan piranti lunak Open Source yang dikembangkan sebagai sistem operasi pada berbagai tipe ponsel, mulai dari yang tanpa layar hingga yang berlayar sentuh. Saat ini terdapat sekitar 1700 aplikasi yang bisa berjalan pada Android berkat kompetisi Android Developer Challenge yang digelar Google.

Belum ada konfirmasi perangkat apa yang akan beredar di Asia dengan basis Android. Dari sisi global, Android telah mendapat dukungan dari operator dan produsen perangkat seperti AT&T, NTT DoCoMo hingga Samsung dan Motorola.

Sementara sang pelopor, Yahoo hadir dengan membawa Yahoo Go versi 3.0 yang merupakan versi terbaru dari piranti lunak yang super fungsi tersebut.

Yahoo! Go 3.0 diumbar dapat membawa pelayanan mobile ke tingkatan terbaru dengan user interface yang lebih baik dan kaya fitur, sebuah halaman muka yang benar-benar bernilai pribadi dan dapat diubah sesuai selera untuk mengakses brand dan layanan internet favorit konsumen melalui third-party widget yang mudah digunakan. Dan yang jelas Yahoo Go 3.0 sudah hadir dalam versi bahasa Indonesia.

Perang Terbuka Para Pengekor iPhone
Ajang CommunicAsia ternyata juga menjadi tempat bertempur bagi para pesaing iPhone. Masing-masing mengedepankan keunggulannya terhadap fitur fenomenal iPhone

Samsung, produsen ponsel asal Korea mengedepankan Omnia sebagai unggulannya. Dilengkapi dengan layar sentuh 3.2 inch, Omnia juga memiliki desain minim tombol seperti iPhone dan tentunya navigasi layar sentuh.

Sedangkan Garmin, yang selama ini lebih dikenal sebagai produsen perangkat Global Positioning System (GPS) mengedepankan Nuvifone. Ponsel layar sentuh ini sekilas juga mirip dengan iPhone.

Namun, Garmin secara resmi tak menyebut Nuvifone sebagai pesaing iPhone. Ponsel tersebut lebih digadang-gadang sebagai ponsel navigasi karena memiliki kemampuan GPS yang menonjol.

Di sisi lain, HTC Touch Diamond yang telah muncul ke pasaran Indonesia beberapa waktu lalu juga memiliki gaya navigasi sentuh yang dipopulerkan oleh iPhone. Koran lokal The Straits Times bahkan menyebut HTC Touch Diamond sebagai ponsel pertama yang paling mendekati kemampuan iPhone.

iPhone sendiri yang kabar panasnya akan segera hadir di Singapura melalui operator SingTel, anehnya, justru tidak mengedepankan iPhone. Masih rahasia?

Kesimpulan
Meski masih dipadati pengunjung, namun event Communicasia 2008 kali ini menuai berbagai kritikan, terutama mengenai kurangnya inovasi baru yang diungkapkan di pameran mutakhir ini. Ditinjau dari vendor-vendor yang ada, juga tidak ditemui nama-nama besar yang hadir di tahun-tahun sebelumnya.

Beberapa pengunjung juga terlihat dibuat kecewa dengan ketidak berkesinambungan teknologi yang dipaparkan sekarang dengan yang ada di Communicasia 2007. Sebut saja teknologi DVB-H yang begitu menjadi primadona di tahun sebelumnya, namun di pameran kali ini, sama sekali tidak ada satupun vendor yang menyentuhnya.

Bagaimana dengan Communicasia 2009, apakah masih juga dinantikan banyak orang di Asia?

Foto-foto lainnya :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Halaman :
1

Ikuti Kami