Mengatasi Gangguan Jerawat

Fit & Charming / 26 June 2008

Kalangan Sendiri

Mengatasi Gangguan Jerawat

Lestari99 Official Writer
8619

\"\"Salah satu musuh terbesar bagi wajah adalah munculnya jerawat. Pentingnya menjaga wajah merupakan syarat mutlak bagi kebanyakan orang. Meski menjaga kebersihan wajah sudah merupakan tindakan wajib, tidak ada salahnya Anda melirik trik berikut. Mana tahu jerawat segera melengos dari wajah Anda.

Pastikan wajah selalu dalam keadaan bersih, jangan terlalu sering menggunakan make up. Segera bersihkanlah wajah setelah menggunakan make up. Hentikan menggunakan make up saat wajah sedang berjerawat. Cuci wajah minimal tiga kali sehari dengan air hangat dan sabun wajah lembut yang sesuai dengan wajah berminyak dan berjerawat. Pijat wajah dengan gerakan memutar perlahan. Jangan digosok atau dicuci berlebihan karena bisa menyebabkan iritasi dan membuat kulit lebih rentan dari serangan bakteri. Oleskan lotion anti jerawat yang mengandung benzoyl peroxide.

Jangan pernah memencet jerawat, meski jerawat tampak sudah 'matang'. Memencet jerawat bisa mendorong zat-zat yang terinfeksi masuk lebih jauh ke dalam kulit sehingga menyebabkan bengkak, kemerahan dan parut. Jika ada jerawat yang sudah siap meletus, sebelum peristiwa penting seperti acara ulang tahun, pernikahan dan sebagainya, sebaiknya pergilah ke dokter spesialis kulit, ia akan menangani dengan resiko yang minimal.

\"\"Jagalah kebersihan rambut dan tangan Anda. Jangan menyentuh wajah dengan jari-jari kotor atau menempelkan wajah ke obyek seperti uang, gagang telepon dan lain-lain. Menyentuh wajah dapat mendatangkan bakteri yang membuat pori-pori meradang dan teriritasi. Selalu cuci tangan sebelum menyentuh wajah.

Bila jerawat menyerang tubuh seperti punggung, gunakanlah pakaian yang longgar, ringan dan meyerap keringat agar kulit dapat bernafas. Konsultasikan dengan dokter ahli bila gangguan meluas. Kurangi juga pemakaian bando kain, scarft dan topi yang sering menjadi tempat berkumpulnya minyak dan debu. Ganti sprei, sarung bantal, waslap dan handuk sesering mungkin. Cuci kuas pemulas, sikat make up dengan cairan antiseptik atau ganti secara berkala. Buang make up yang sudah kadaluarsa atau telah berubah baik bentuk dan baunya.

Lindungi kulit dari serangan sinar matahari karena merangsang kulit mengeluarkan lebih banyak sebum yang bisa mengundang atau memperparah jerawat.

Konsultasi dengan dokter ahli bila jumlah jerawat bertambah banyak, terinfeksi atau meradang atau bahkan tidak kunjung sembuh dengan pengobatan jerawat OTC.

Kurangilah makan makanan yang pedas-pedas, makanan berminyak dan makanan yang berkalori tinggi

Sumber : perempuan.com
Halaman :
1

Ikuti Kami