HKBP Tambun Di Bongkar Paksa

Internasional / 16 June 2008

Kalangan Sendiri

HKBP Tambun Di Bongkar Paksa

Puji Astuti Official Writer
10509
Ratusan jemaat Gereja HKBP dan Gereja Keesaan Indonesia (Gekindo) di Jatimulya, Tambun, Bekasi, Ahad (15/6) hari ini tetap menggelar kebaktian. Kebaktian berjalan lancar dengan pengawalan ketat aparat kepolisian.

Para jemaat menggelar kebaktian di bawah kondisi bangunan gereja sudah tidak layak pakai. Mereka secara bergantian tetap menggelar kebaktian secara khidmat. Masing-masing ibadah dipimpin Pendeta Erwin Marbun dan Pendeta Testaria Hutajuluw. Dalam khotbahnya, kedua pendeta meminta jemaat tidak khawatir dengan dibongkarnya bangunan gereja mereka.

Setelah menggelar ibadah, kedua pihak sempat menyampaikan penyesalan mereka atas sikap Pemerintah Kabupaten Bekasi yang melakukan pembongkaran tanpa surat pemberitahuan. Kedua pihak juga menilai, Pemerintah Kabupaten Bekasi telah melakukan pelanggaran hak asasi manusia dan hukum.

Sabtu kemarin, protes dan ratap tangis mewarnai penyegelan dua gereja di Tambun, Bekasi. Petugas menutup gereja ini karena dianggap telah menyalahi aturan fungsi bangunan yang seharusnya diperuntukan bagi rumah tinggal. (Metro TV)

Kasus HKBP Tambun ini adalah sesuatu yang sudah lama tertimbun dan tidak terselesaikan. Pada Tahun 1993, Bupati pernah mengeluarkan surat penolakan untuk ijin pembangunan gereja ini namun tanpa sebuah solusi. Hingga akhirnya, pada Oktober tahun 2005 lalu, gereja ini harus kembali mengalami penyegelan dan pelarangan ibadah yang dilakukan oleh warga setempat. Dan hari ini, jemaat HKBP dan Gekindo harus mengalami hal yang sama kembali.

Semoga iman jemaat yang mengalami pencobaan ini terus bertumbuh dan berakar didalam Tuhan, sehingga tidak merasa patah semangat. Mari dukung dalam doa bagi gereja-gereja tersebut, semoga mereka mendapatkan tempat beribadah dan ijin dari pemerintah setempat. Doakan juga pemerintahan bangsa ini dapat menerapkan hukum dengan adil, sehingga setiap orang bisa mengenyam kebebasan untuk beribadah.

Sumber : metrotv.com
Halaman :
1

Ikuti Kami