Ketika Si Kecil Dirawat Inap

Parenting / 14 June 2008

Kalangan Sendiri

Ketika Si Kecil Dirawat Inap

Fifi Official Writer
10673

Rewel, merajuk, tak mau lepas dari lengan ibu, adalah beberapa tabiat yang muncul tatkala si kecil berobat atau menjalani rawat inap di rumah sakit. Apa yang harus dilakukan orang tua?

  • Memberikan dukungan
    Dukungan positif dapat berupa menjaga anak saat dirawat di rumah sakit, mendampingi anak saat diperiksa petugas medis, atau memberikan beberapa treatment pengobatan. Yang tak kalah penting, memberi sentuhan lembut, seperti pelukan atau mengelus saat anak mengalami kesakitan.
  • Bersikap optimis dan tidak menampakkan kecemasan di depan anak
    Orang tua yang menampakkan wajah ceria, meski beban yang ditanggungnya cukup berat, akan membuat anak bersikap tabah dan ceria dalam menghadapi kondisi sakitnya.
  • Menanamkan pengertian bahwa proses pengobatan dan perawatan di rumah sakit adalah proses menuju kesembuhan
    Jangan lupa, beri pengertian pada anak bahwa dokter atau petugas medis lainnya adalah orang-orang yang menolongnya untuk sembuh, meskipun terkadang mereka membuat anak merasa sakit. Persepsi positif anak terhadap petugas medis akan meningkatkan sikap kooperatif anak terhadap proses pengobatan yang tengah dijalaninya.
  • Bersikap kooperatif terhadap petugas medis
    Orang tua perlu membina hubungan yang baik kepada petugas medis. Usahakan untuk bertanya sejelas mungkin terhadap proses pengobatan yang akan diberikan pada anaknya. Cobalah tanyakan, berapa kali suatu treatment harus diberikan, waktu yang dibutuhkan, perkiraan biaya yang harus dikeluarkan, serta efek dari proses treatment tersebut bagi kondisi fisik anaknya.
  • Menjelaskan penyakit yang diderita anak
    Sampaikan dengan jelas pada anak, berapa waktu yang dibutuhkan untuk proses pengobatannya, namun jangan membuat anak menjadi ketakutan dan cemas. Katakan bahwa proses yang dilakukan sangat penting untuk kesembuhannya.
  • Menciptakan suasana menyenangkan saat anak dirawat di rumah sakit
    Bawakan anak mainan yang disukai atau bacakan anak cerita-cerita yang menarik. Jika anak mampu, dapat juga diberikan buku mewarnai atau buku cerita. Beberapa rumah sakit memiliki perpustakaan atau ruang bermain untuk pasien anak. Orangtua dapat meminjamkan buku dari perpustakaan atau membawa anak ke ruang bermain sesekali, jika diberi izin oleh dokter. Usahakan untuk membuat anak merasa nyaman dan betah dengan situasi yang ada di rumah sakit.
  • Minta anak berdoa
    Ajarkan pada anak untuk juga berdoa, agar penyakitnya bisa segera sembuh.

 

Sumber : nova
Halaman :
1

Ikuti Kami