Uban Muncul Di Usia Muda

Fit & Charming / 12 June 2008

Kalangan Sendiri

Uban Muncul Di Usia Muda

Lestari99 Official Writer
8162

Pernahkah Anda bertemu dengan seseorang yang usianya masih tergolong muda, yaitu sekitar 20-an, tapi rambutnya sudah tumbuh uban di sana-sini. Bisa jadi Anda juga mengalami hal yang sama padahal usia Anda masih 30-an. Masih tergolong relatif muda untuk beruban kan? Secara medis, uban sebetulnya tidak mengganggu kesehatan tubuh namun akan ‘sedikit' mengganggu penampilan.

Penasaran kenapa uban bisa muncul di usia muda? Berikut penjelasan medisnya!

Penyebab Uban

Uban yang muncul di usia muda lebih banyak karena faktor genetik atau keturunan. Uban terjadi karena pigmen rambutnya sudah tidak ada lagi padahal pigmen inilah yang menentukan warna rambut. Orang Asia memiliki pigmen rambut yang disebut dengan eomelanin. Karena pigmen eomelanin berwarna gelap atau hitam, maka tak hanya kulit tapi rambut pun ikut berwarna gelap. Selain itu ada sebagian orang yang tubuhnya memang tidak bisa memproduksi pigmen. Misalnya pada kasus albinism (albino) dan vitiligo. Sehingga rambutnya pun tidak bisa berwarna hitam.

Kekurangan gizi juga bisa menyebabkan berkurangnya kadar pigmen sehingga rambut pun akan semakin pirang dan kemudian putih (beruban). Selain itu juga seseorang yang menderita penyakit imunologi anemia pernisiosa, yakni jenis penyakit kekurangan darah juga bisa menyebabkan rambut beruban. Terakhir adalah pemakaian zat kimia, misalnya cat rambut atau pemakaian jenis sampo yang banyak mengandung sulfur yang tinggi.

Pencegahan

Sebaikya jangan gunakan cat rambut terlalu sering. Apalagi jika kulit kepala Anda tergolong sensitif, sebab kondisi ini bisa memicu dermatitis kontak atau eksim pada kulit kepala. Gunakan sampo yang tidak terlalu alkalis (terlalu berbusa), sehingga malah membuat rambut menjadi terlalu kering. Lebih bagus lagi jika menggunakan kondisioner rambut secara terpisah.

Sumber : conectique.com
Halaman :
1

Ikuti Kami