2 Orang Dibakar Hidup-hidup, Di Afrika Selatan

Nasional / 24 May 2008

Kalangan Sendiri

2 Orang Dibakar Hidup-hidup, Di Afrika Selatan

Puji Astuti Official Writer
12400

Johanesburg, Afrika Selatan sedang berada dalam keadaan genting, hal ini berkaitan dengan kerusuhan yang saat ini sedang terjadi. Para penduduk pribumi melakukan tindakan penganiayaan, pembunuhan bahkan perampokan serta pemerkosaan terhadap warga asing. Jangan membayangkan bahwa warga asing disini adalah orang-orang yang biasa kita sebut "Bule" atau orang berkulit putih. Warga asing yang dimaksud di Afrika Selatan ini adalah orang-orang dari negara tetangga mereka seperti Zimbabwe, Nigeria dan Mozambik, yang notabene merupakan satu rumpun dengan mereka.

Orang-orang Zimbabwe memang banyak yang merantau ke Afrika Selatan di karenakan krisis ekonomi yang terjadi di negerinya. Afrika Selatan setelah lepas dari masalah apartheid memang mengalami kemajuan yang cukup signifikan. Namun selain kemajuan dan berkembangnya iklim perekonomian, sama seperti di belahan dunia manapun, muncul masalah yang namanya kemiskinan dan pengangguran angkatan kerja. Pengangguran sendiri mencapai 40 persen, dan pada tahun lalu, tingkat kejahatan begitu tinggi tercatat sekitar 20,000 orang dibunuh.

Kehadiran pendatang ke negeri yang pernah dipimpin oleh seorang Nelson Mandela ini, menimbulkan kecemburuan sosial dari penduduk pribumi yang hidup dalam kemiskinan. Kehidupan yang semakin berat dan  keras, saat orang-orang harus bersaing dengan segala cara hanya agar bisa makan satu hari, membuat orang-orang miskin ini melihat sekelilingnya mencari sesuatu untuk disalahkan.

Orang-orang miskin ini, akhirnya harus membunuh sesamanya untuk mengekspresikan kemarahannya akan keadaan yang menekan. Mereka sudah kehilangan yang namanya belas kasihan terhadap orang lain.

Seorang anak muda Afrika Selatan tertangkap kamera sedang tertawa sambil menganiaya seorang imigran yang sudah tak berdaya dan tergeletak dijalanan, demikian dilaporkan CNN. Kebrutalan yang terjadi sunggung mengejutkan orang banyak. Dua orang dibakar hidup-hidup, hal ini adalah sebuah kemunduran, jika mengingat pada kerusuhan yang terjadi pada tahun 1980 - an, cara ini merupakan cara favorit yang sering digunakan.

Kemiskinan dapat berakibat fatal. Afrika Selatan adalah sebuah contoh yang nyata akan akibat kemiskinan yang tidak tertangani dengan baik. Kepedulian adalah kunci untuk mengatasi masalah kemiskinan. Dengan setiap orang peduli kepada mereka yang belum beruntung ini, setidaknya bisa mengubah sedikit wajah kemiskinan.

"orang-orang miskin selalu ada bersama-sama kamu", demikian Kristus pernah berkata kepada murid-muridnya. Jadi melenyapkan kemiskinan sama sekali dari bumi ini adalah sesuatu yang tidak mungkin. Bahkan dalam negara yang menganut azas sosialis sekalipun, wajah kemiskinan tetap hadir. Kemiskinan bukanlah tugas pemerintahan saja untuk mengentaskannya. Hal itu adalah tanggung jawab bagi setiap orang yang di beri anugrah lebih dari pada mereka yang tidak beruntung.

Sumber : CNN/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami