Sehari Tanpa Tekhnologi, Mungkinkah?

Nasional / 2 May 2008

Kalangan Sendiri

Sehari Tanpa Tekhnologi, Mungkinkah?

Puji Astuti Official Writer
4610

Kehidupan saat ini di dominasi oleh technologi.  Dari orang tua hingga anak kecil, setiap sisi kehidupannya selalu ada tekhnologi yang menyertai. Televisi mungkin saat ini memperoleh porsi yang paling besar mengisi waktu-waktu ketika anak pulang sekolah, selain itu juga ada handphone, game seperti playstation dan juga internet. Tak terasa teknologi sudah menjadi seperti candu. Sekali saja seseorang ketinggalan handphone-nya di rumah, rasanya seperti kehilangan sesuatu yang sangat penting. Hal ini membuat seseorang  bernama Denis Bystrov bertanya, "bisakah seseorang hidup satu hari saja tanpa tekhnologi?"

Denis Bystrov adalah seorang programmer computer yang hidup di Kanada. Pertanyaan tentang apakah seseorang bisa hidup satu hari saja tanpa tekhnologi itu muncul pada tahun 2007 lalu. Akhirnya Denis memutuskan untuk memberikan satu hari khusus tanpa tekhnologi dan memberikan waktunya itu untuk keluarganya.  Denis menceritakan apa yang akan dilakukannya itu kepada temannya Michael Taylor, dan David Bridle. Respon yang di dapat Denis sungguh diluar dugaan. Mereka menantang Denis, untuk melakukan kampanye mengenai hal ini melalui internet. Akhirnya mereka menamai kampanye itu  "Shutdown Day".

Dengan satu bulan kampanye, website "Shutdownday" menerima lebih dari 1.6 juta pengunjung. Lebih dari 65.000 orang dari seluruh dunia berpartisipasi dalam kampanye ini. Mereka tidak menyalakan komputernya selama 24 jam pada 24 Maret 2007. Selain itu bahkan ada juga yang tidak menggunakan mobil, handphone dan tekhnologi lainnya.

Shutdown Day sendiri memiliki misi untuk mengkapanyekan bahaya penggunaan teknologi yang berlebihan seperti televisi, komputer dan tehnologi lainnya seperti playstation, handphone, music player, dan hal-hal lainnya. Hal tersebut terlalu banyak menyedot waktu yang seharusnya bisa di gunakan untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan komunitas kita, demikian misi yang tertulis dalam website Shutdown Day.

Pada tahun 2008 ini, Shutdown Day ditetapkan pada tanggal 3 Mei. Idenya adalah melakukan hal yang sederhana. Pada hari itu tinggalkan semua tekhnologi dan lakukan aktivitas lain bersama keluarga dan teman Anda. Hal itu bisa berupa aktivitas di luar ruangan, berolahraga bersama, dan apaun yang bisa mengingatkan diri Anda bahwa ada dunia nyata yang menunggu Anda selain di depan layar monitor Anda.

Jadi apakah Anda akan berpartisipasi dalam Shutdown Day ini? Itu adalah pilihan Anda. Paling tidak Anda tahu bahwa masih ada orang-orang yang peduli, akan bahaya tekhnologi, baik karena radiasi yang akan merusak kesehatan Anda, maupun karena banyaknya waktu yang tersita oleh layar kotak, baik itu televise, Komputer, game maupun handphone Anda.

Sumber : Shutdownday.com/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami