7 Hal Tentang Menyusui

Solusi Sehat / 27 April 2008

Kalangan Sendiri

7 Hal Tentang Menyusui

Lestari99 Official Writer
9863

Ketika seorang wanita melahirkan dan resmi menjadi seorang ibu, menyusui adalah isu yang langsung menjadi isu utama. Berbagai pengetahuan turun-temurun diberikan baik dari keluarga maupun kerabat. Dari sekian banyak pengetahuan umum itu, mari ketahui 7 hal di antaranya:

1. Kalau bayi minum banyak berarti dia sudah makan berlebihan

Karena susu ibu sangat mudah untuk dicerna, bayi biasanya langsung mudah lapar lagi sebanyak apapun yang sudah dia minum sebelumnya. (Ini tidak sama hukumnya dengan susu formula). Karena itu jangan sampai ibu menganggap bahwa bayinya bisa makan agak lama sedikit jika ia sudah menghisap banyak sebelumnya. Sebaiknya, ibu harus siap untuk menyusui bayinya setiap dua sampai tiga jam sekali.

2. Istirahat menyusui sebentar bisa menambah kuantitas susu

Semakin banyak ibu memberi ASI, semakin banyak pula produksi ASi tersebut. Justru ibu yang sering istirahat, akan mengalami pengurangan jumlah ASI. Pengalaman ibu-ibu ialah jika ia tidak menyusui di siang hari, produksi susu di malam hari akan semakin banyak. Padahal tanpa mereka sadari, besoknya, jumlah susu mereka akan semakin berkurang dari sebelumnya. Jadi untuk bisa mendapat suplai susu yang stabil, setiap hari ibu harus menyusui 9-10 kali atau lebih.

3. Bayi yang minum susu formula tidur lebih nyenyak

Penelitian justru menunjukkan bahwa bayi yang minum susu formula tidak tidur lebih nyenyak tapi memang lebih agak lama. Masalahnya, susu botol itu dicerna lebih lama dari ASI karena itu bayi bisa tidur lebih lama. Tapi kualitas ASI jauh lebih baik dari susu botol untuk pertumbuhan mereka. Dan kotoran bayi yang diberi susu botol jauh lebih bau dari kotoran bayi pengkonsumsi ASI. Dan bayi berusia 4 minggu sudah bisa tidur lebih lama, sehingga pada akhirnya sama saja dengan bayi yang mendapat ASI.

4. Bayi yang sekali-kali mendapat susu botol akan menjadi bingung dan malas minum susu

Kalau ibu berencana untuk segera kembali ke kesibukan sehingga tidak bisa terlalu lama memberi ASI eksklusif, maka botol memang harus diperkenalkan kepada bayi dari usia 2-6 minggu. Kalau tidak, bayi memang bisa bingung karena dia biasa menyedot dari payudara. Selinglah 1-2 kali menyusui dalam satu hari. (ASI dipompa dan dimasukkan dalam botol). Ketika mencoba botol, dekap anak Anda begitu rupa sehingga hubungan kedekatan masih tetap terasa.

5. Menyusui mengubah bentuk payudara dan mengurangi sensitivitasnya

Perubahan payudara memang pasti terjadi seiring gravitasi bumi. Tapi perubahan yang drastis hanya merupakan ‘perasaan' ibu-ibu saja. Justru menyusui bisa membuat ibu lebih kebal terhadap resiko kanker payudara.

6. Jangan pernah bangunkan bayi untuk memberi ASI

Membangunkan bayi untuk memberi makannya sesuai dengan jadwal makan boleh dilakukan. Karena itu baik bagi Anda. Tapi membiarkan dia tidur sedikit lebih lama juga tidak apa-apa.

7. Menyusui mencegah Anda hamil lagi

Menyusui bukan pengontrol kehamilan berdasar fakta yang ada. Tapi berdasarkan penelitian, menyusui 98% efektif mirip seperti peralat KB. Hormon ketika Anda menyusui bisa memblok kemampuan hamil sampai 14-15 bulan setelah melahirkan. Tapi tentu saja ini tergantung tingkat kesuburan seseorang.

Sumber : foxnews
Halaman :
1

Ikuti Kami