Sayangkah Kau Pada Matamu?

Fit & Charming / 23 April 2008

Kalangan Sendiri

Sayangkah Kau Pada Matamu?

Lestari99 Official Writer
7777

Selain pentingnya organ tubuh yang satu ini, banyak orang yang menyia-nyiakannya. Padahal bayangkan kalau Anda tidak memilikinya? Di dunia ini ada lebih dari 25 juta orang buta dan 83 juta yang penglihatannya terganggu (statistik ini hanya pria, belum termasuk wanita).

Apa yang bisa dilakukan untuk menjaga mata?

Pertama, Anda harus tahu bahwa penyakit mata bisa menyerang Anda kapan saja. Katarak dan glukoma adalah beberapa di antaranya. Glukoma adalah penyakit yang merusak saraf optik yang membawa info visual dari mata ke otak. Sebelum penyakit ini parah dan seluruh saraf rusak, biasanya orang tidak sadar kalau mereka menderita penyakit yang satu ini. Akhirnya terlambatlah sudah. Katarak di lain pihak adalah pengawanan di lensa mata yang juga jika tidak buru-buru didiagnosa bisa bertambah parah. Karena itu jalan terbaik ialah rutin melakukan pemeriksaan mata.

Kedua, kita semua tahu bahwa menggunakan pelembab di kulit sangat baik untuk mencegahnya hitam atau rusak karena panas matahari. Tapi banyak orang yang lupa bahwa mata mereka juga harus dilindungi dari benda panas yang sama. Caranya, jangan pernah sok menantang lihat langsung ke arah matahari.

Tapi jangan salah, sinar ultraviolet bisa dipantulkan lewat air, trotoar dan air. Dan sinar yang satu ini bisa menyebabkan katarak serta penyakit lain pada kornea mata, yang akhirnya menuntun pada kebutaan. Mau terhindar? Biasakan juga pakai kacamata hitam. Jangan cari yang asal gelap, tapi yang terlindungi 100% dari sinar ultraviolet. Ingat, yang cengdem (goceng adem) biasanya tidak ada perlindungan tersebut. Jangan pelit buang uang untuk kacamata.

Ketiga, Anda harus hati-hati jika Anda tipe orang yang bekerja lama di depan komputer. Efek sederhananya bisa berupa sakit mata biasa, berair, mata kabur atau melihat dobel dan pusing. Jangan anggap enteng juga. Lama-lama minus Anda bisa bertambah. Kasihan mata Anda....

Karena itu jangan lupa pakai filter di layar, jangan duduk terlalu dekat dengan layar, sinar di belakang komputer Anda jangan sampai 10 kali lebih terang dari layar dan sering-seringlah istirahatkan mata dengan melihat objek jauh. Kira-kira 20 menit sekali, selama 20 detik.

Keempat, adalah hal yang sering dilupakan orang, khususnya buruh. Ketika mereka bekerja di luar, mereka tidak hati-hati sehingga mata jadi terluka. Di Amerika sendiri saja, para pekerja buruh sebanyak 1 juta orang setiap tahun terkena sesuatu di mata yang menyebabkan mata terluka. Sedihnya, jika saja mereka hati-hati, 90% dari semua kasus itu bisa dicegah.

Karena itu ketika Anda harus bekerja dengan bahan kimia, alat-alat perkakas atau berada di sekitar debu beterbangan, jangan lupa pakai pelindung mata. Perhatikan juga ketika Anda harus memotong rumput, membetulkan mobil atau berolahraga dengan bola yang kencang kecepatannya. Satu hal lagi, hati-hati dengan api. Setiap tahun ribuan pemadam kebakaran di dunia mengalami cidera mata. 1 dari 20 orang bahkan harus buta. Jangan pernah lupa untuk menjaga mata Anda!

Kelima, Anda harus menjaga apa yang Anda makan. Makan wortel sebanyak-banyaknya tidak akan langsung membuat mata Anda bagus. Tapi mengkonsumsi vitamin dan mineral memang esensial untuk kesehatan mata. Pastikan makanan Anda setiap hari mengandung viramin A, E dan C, zat besi, selenium dan antioksidan. Olahraga juga bagus untuk menekan tekanan darah yang bisa membantu menjaga tetap fit.

Dengan mengikuti lima anjuran di atas, mata Anda bisa terjaga selalu. Indahnya bisa melihat.....

Sumber : askmen
Halaman :
1

Ikuti Kami