Si Kecil Suka Jajan?

Parenting / 9 April 2008

Kalangan Sendiri

Si Kecil Suka Jajan?

Fifi Official Writer
4418
"Si Rio bikin kepalaku pusing, setiap ada tukang jajanan lewat pasti dia merengek minta beli." Keluhan seperti itu mungkin cukup akrab di telinga. Suka jajan memang merupakan salah satu problem anak balita. Anak yang hobi jajan tak bisa disalahkan seratus persen karena sebenarnya para orangtua lah yang membentuk kebiasaan si kecil.

Salah satu faktor yang menyebabkan si upik suka jajan adalah karena kurangnya variasi makanan di rumah, akibatnya anak menjadi bosan dan tergiur dengan jajanan. Ayah-ibu yang sama-sama bekerja sering menjadi alasan orangtua jaman sekarang untuk membeli makanan siap saji. Akibatnya si anak merasa membeli makanan merupakan hal yang lumrah.

Pengaruh lingkungan juga merupakan faktor yang sangat berpengaruh. Biasanya anak tergiur melihat teman-temannya menyantap jajanan. Jika si anak keseringan jajan akibatnya adalah anak sulit makan. Selain itu kita tidak bisa mengetahui apakah jajanan yang disantap bersih dan aman dari bahan-bahan kimia berbahaya.

Meskipun si anak sudah terlanjur hobi jajan, sebagai orangtua Anda tetap memiliki kendali. Melarang anak agar tidak jajan mungkin sulit dilakukan, tetapi Anda tetap bisa mengurangi kebiasaan jajan. Apa saja yang bisa kita lakukan?

- Batasi uang saku anak dengan tetap memperhatikan pengeluaran mendadak yang mungkin dibutuhkan anak di sekolah.
- Atur jajanan yang boleh dimakan si anak, misalnya sehari tak lebih dari satu. Dengan begitu si anak tidak akan menjadi rakus karena pola makannya sudah terbentuk.
- Biasakan si anak untuk makan di rumah. Agar anak menyukainya, sediakan menu yang beragam. Ajak si anak menentukan menu makanan yang akan dimasak atau libatkan anak dalam kegiatan memasak.
- Ajari anak untuk memilih makanan yang bersih, aman, dan sehat.
- Perut lapar merupakan alasan anak untuk membeli makanan di luar. Pastikan anak menghabiskan sarapannya atau bawakan bekal yang bergizi untuk anak. Kreatiflah dalam membuat variasi menu dan tampilan yang menarik.
- Kebiasaan yang ditanamkan secara konsisten dan teratur akan menghasilkan perilaku yang baik, termasuk dalam hal makan.

Sumber : kcm
Halaman :
1

Ikuti Kami