Usia Dan Wanita

Serba-Serbi Sehat / 4 April 2008

Kalangan Sendiri

Usia Dan Wanita

Lestari99 Official Writer
8180

Wanita. Beda usia, maka berbeda pula tantangannya. Anda berada di usia berapa?

Dua Puluhan Yang Luar Biasa

Di usia 20-an, wanita keluar dan merasa siap untuk menghadapi dunia. Lulus kuliah, cari kerja yang baik dan jelas sudah tidak tinggal lagi bersama orang tua. Mimpi di kepala begitu besar, dan begitu semangat untuk menjadi seorang yang mandiri. Tapi kadang kalau ini tidak bisa dikendalikan, akan banyak kendala yang harus dihadapi. Dari masalah percintaan, persaingan kerja di dunia nyata, sampai kurangnya disiplin untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan. Karena itu, di usia ini setiap orang harus belajar untuk mencari sebanyak-banyaknya ilmu untuk bisa mengatasinya.

Salah satu hal yang juga harus diperhatikan wanita di usia 20-an ialah menjaga kesehatannya. Makan sembarangan, kopi sampai tak terbatas, tidur bergadang, terlalu banyak keluar malam dan hal-hal sejenisnya sungguh meresahkan. Pasalnya, ini adalah usia awal yang menjadi dasar seperti apakah wanita itu akan tampak 20-30 tahun kemudian. Jika di usianya ini mereka menyia-nyiakan kesehatan, maka mereka akan menuai hasilnya kemudian.

Di usia inilah kebiasaan baik atau buruk dikembangkan. Jika Anda bangun siang, berhati-hatilah karena itu bisa terbawa seterusnya. Jika Anda biasakan untuk selalu punya waktu olahraga, maka kebiasan ini pun bisa terus terjaga. Jadi pilihan ada di tangan Anda.

Tiga Puluhan Yang Menantang

Di usia tiga puluhan rata-rata wanita usdah memiliki suami dan anak. Selain itu karir pun semakin menyibukkan. Tubuh mulai menyesuaikan diri dalam masa perpindahan dari total kencang ke arah penuaan. Tak jarang wanita dalam keadaan ini mulai tak lagi memperhatikan kesehatannya. Bagaimana bisa?

Tapi saat inilah wanita harus mulai hati-hati. Kalau kulit tidak dipelihara dengan benar, penuaan bisa berjalan makin cepat, diikuti tubuh melar, wajah stress, penurunan gairah seksual dan sebagainya. Padahal, kalau bisa dikelola dengan baik, umur tiga puluhan adalah puncak kehidupan dimana kemapanan harus berpadu dengan kesehatan dan menikmati hidup serta pergaulan. Ini saatnya dimana gaya makan keluarga diubah dari serampangan ke pola food combining misalnya. Kekencangan tubuh juga bisa dipelihara dengan menjadi pelanggan salon dan tempat fitness yang setia.

Selain itu, sempatkan diri untuk melakukan check up total akan kesehatan Anda, dari ujung rambut ke ujung kaki.

Empat Puluhan Yang Seru

Ini waktunya untuk tidak membiarkan api itu mati. Takut tua memang menjadi momok. Tapi dalam usia ini, hidup yang seru itu dimulai. Berkejaran dengan tubuh yang mulai tidak kooperatif, intinya wanita harus tetap merasa nyaman dengan tubuhnya, percaya diri dan memperlakukannya dengan super istimewa. Jangan lelah ke gym dan salon. Jangan lupakan makanan sehat. Tetap juga ceria dan gembira supaya wajah tetap segar, tidak kelihatan tua.

Wanita di usia ini biasanya sangat fokus. Kalau mereka bekerja, karir akan menjadi segalanya. Kalau mereka yang sudah berkeluarga, pertumbuhan anak akan menjadi prioritas. Akibatnya, kesahatan yang menjadi korban. Malas ini dan itu. Apalagi menyangkut hubungan dengan suami. Malas menjalin hubungan yang terlalu erat dengan suami menjadi kesalahan terbesar. Padahal ini waktunya mulai memanaskan kembali aktifitas seksual supaya tetap sehat! Jangan mau umur 40 malah menjadi usia yang penuh dengan kekuatiran dan penuaan. Stay young dan fit.

Lima Puluhan Yang Fantastis

Wanita lima puluhan pasti sudah begitu matang dan dewasa. Tapi ini bertabrakan dengan hadirnya naik turun emosi dan hormon yang tidak bisa ditebak. Bagi yang menikah muda, ini waktunya anak-anak sudah tumbuh dewasa dan meninggalkan rumah. Belum lagi wanita dengan usia ini menghadapi ketakutan terbesar banyak wanita yaitu berkerut dan menopause. Selama menopause, ovarium mulai berhenti berproduksi. Akibatnya, banyak sekali! Belum lagi jika ia menderita penyakit seperti tekanan darah tinggi atau asam urat. Tidak ada yang lebih tidak menyenangkan ketimbang berada di kondisi tersebut. Tapi kematanganlah yang membuktikan kuat tidaknya ia berada di sana.

Tetap menjadi figure yang baik, yang mampu mengatasi naik turun emosi dan hormon yang menyiksa. Tetap tersenyum, bergaya hidup sehat, memiliki komunikasi yang baik dengan suami, keluarga dan lingkungan, serta tetap rajin berolahraga.

Enam Puluhan Atau Lebih Yang Sensasional

Di usia ini, tetap bahagia adalah kunci menghindari stress. Asam garam kehidupan telah dilewati dan menjadi bijaksana adalah buahnya. Anak dan cucu sudah pasti akan mengandalkannya akan pengetahuan kehidupan. Inilah juga waktu menuai gaya hidupnya sejak 20-an. Karena itu, hati-hati dengan penyakit-penyakit yang menyerang. Awasi asupan vitamin dan makanan harian.

Selain tetap bahagia, tetap aktif sangatlah penting. Kalau olahraga sudah agak malas dilakukan, tetaplah aktif di rumah. Bercocok tanam untuk fisik, membaca untuk mempertahankan kerja otak dan berdoa untuk kesehatan rohani. Dan yang paling utama, bersyukurlah setiap waktu untuk panjangnya waktu yang diberikan Tuhan untuk menikmati kehidupan.

Halaman :
1

Ikuti Kami