Lajang di Tengah-tengah Dunia Berpasangan (2)

Single / 2 April 2008

Kalangan Sendiri

Lajang di Tengah-tengah Dunia Berpasangan (2)

Fifi Official Writer
5010
Pembahasan ke 2 dari banyak pemikiran yang mematahkan semangat yang mungkin telah anda katakan berulang-ulang kepada diri anda sendiri. Beberapa di antaranya berasal dari pengalaman pribadi saya sendiri, jadi anda bisa membuang semua pemikiran tidak benar itu sebelum mereka mengikat anda dan membuat anda mempercayainya sebagai sebuah kebenaran!

"Dia lebih baik dari saya. Saya jelas-jelas tidak cukup baik..."

Pada beberapa saat setelah putus, mungkin anda melihat mantan pacar anda sudah berjalan bersama pacar barunya. Sangat dapat dimengerti jika anda ingin menghindari pertemuan itu, walaupun anda menyukai kehadiran wanita baru dalam kehidupan mantan pacar anda dan masih dapat dengan jujur mengatakan bahwa mantan pacar anda adalah orang baik, dan anda mengharapkan yang terbaik untuknya. Saya pernah mengalaminya. Saat saya melihat mereka, saya membayangan apa yang mungkin mereka pikirkan tentang saya: apakah mereka berpikir bahwa saya adalah seorang yang kalah dan menyedihkan? Apakah mantan pacar saya membandingkan saya dengan wanita itu?

Bagaimanapun cara berakhirnya suatu hubungan, melihat pacar baru mantan anda bisa menjadi sangat membingungkan. Sepertinya anda merasa telah digantikan. Anda masih ingat semua yang pernah mantan anda katakan kepada anda, hal-hal yang mungkin juga dia katakan pada pacar barunya, dan itu menyakitkan. Jika anda tidak hati-hati, anda bisa mulai mempercayai bahwa nilai anda kurang dari nilai pacar barunya, bahwa anda memang tidak mudah dicintai, dan anda begitu mudah dilupakan... Saat saya melihat pacar baru mantan saya, kami bekerja di kantor yang sama, sehingga mau tidak mau kami harus berinteraksi. Saya sebenarnya enggan menghabiskan waktu dengannya karena saya tidak tahu apa yang dia pikirkan tentang saya. Saya juga tidak tahu harus bagaimana dan harus mengharapkan apa. Tapi ternyata saya mendapat kasih karunia. Ternyata dia baik dan tulus, dia tertarik dengan apa yang sedang saya kerjakan, saya merasa diterima dan disukai. Hal ini cukup mengejutkan saya, karena skenario-skenario terburuk yang terus saya mainkan dalam pikiran saya.

Pada saat-saat seperti itu anda harus ingat, bahwa ini bukan pertanyaan tentang apakah "dia", siapapun itu, lebih baik daripada anda. Lagipula, kita tidak sedang berada dalam kompetisi dengan pacar baru mantan kita. Tapi ini adalah pertanyaan tentang apa yang lebih tepat untuk masing-masing dari kita semua. Dan saya kira jika mereka memang tepat satu sama lain, maka itu adalah hal yang baik, anda dapat berbahagia untuk mereka. Jika itu kasusnya, maka ada seseorang lain yang juga lebih tepat untuk anda. Anda harus melepaskan hubungan masa lalu anda. Memang sulit, terutama karena anda harus berdiri sendiri di tengah-tengah dunia yang dipenuhi pasangan-pasangan. Tapi anda tahu? Orang-orang lain pernah melalui jalan ini dan mereka bisa melewatinya, lalu mereka bertemu dengan orang lain yang lebih tepat dan lebih baik, jadi anda dan saya juga pasti bisa!

Ingatlah bahwa ini bukan tentang identitas, harga diri atau kelayakan anda. Apapun yang orang lain pikirkan tentang anda (atau mungkin lebih tepatnya: apa yang anda kira orang lain pikirkan tentang anda) tidak se-penting apa yang Tuhan pikirkan tentang anda. Dia mengasihi anda tanpa syarat dan bagaimanapun keadaan anda, tidak ada yang dapat memisahkan anda dari cintaNya, tidak juga perasaan buruk tentang mantan anda atau perasaan negatif tentang diri anda sendiri. Kenyataannya adalah Tuhan masih bekerja dalam episode-episode kehidupan anda. Dia belum dan tidak akan pernah menyerah atas anda, meskipun mungkin orang-orang lain sudah menyerah dan anda pun mengira bahwa ini sudah waktunya untuk menyerah.

Saya menyukai Tuhan yang bisa mengubah sepenuhnya sesuatu yang kelihatannya sudah hilang dan hancur serta kelihatannya sudah tidak bisa diperbaiki. Dia berjanji memberkati kita dengan "... perhiasan kepala ganti abu, minyak untuk pesta ganti kain kabung, nyanyian puji-pujian ganti semangat yang pudar..." (Yesaya 61:3). Maukah anda membuka hati anda hari ini untuk menerima sentuhanNya yang menyembuhkan? Dialah Satu-satunya yang bisa memberikan pemulihan total dan keutuhan atas rasa sakit, luka, dan kebingungan yang anda alami. Dialah Satu-satunya yang bisa mengarahkan energi dan semangat anda untuk kembali menghasilkan buah. Anda hanya perlu memberikan diri anda kepadaNya dan memberikan Dia waktu anda. Dia akan membuat hidup anda menjadi indah dan berarti, sekali lagi.

Sumber : cbn
Halaman :
1

Ikuti Kami