Obor Olimpiade Datang, China Menuai Protes

Nasional / 31 March 2008

Kalangan Sendiri

Obor Olimpiade Datang, China Menuai Protes

Puji Astuti Official Writer
5272
Obor Olimpiade telah sampai di Beijing China dengan pengamanan yang ketat, pada senin hari ini (31/03). Saat ini berbagai belahan dunia sedang melakukan protes kepada China berkaitan dengan pelanggaran hak azasi manusia yang terjadi atas Tibet.

Kedatangan obor ini di tayangkan secara live melalui televisi lokal China. Pemerintah China sudah bekerja keras untuk mempromoasikan perjalanan obor ini selama di China. Saat pesawat datang di Beijing, disambut oleh  ratusan anak sekolah dengan bendera China dan Olimpiade.

Pemimpin dari perjalanan Obor Olimpiade ini, Liu Qi, menyadari betapa pentingnya event ini bagi para pemimpin komunis China. Hal ini terlihat saat Obor ini sampai di Beijing, Liu Qi langsung disambut oleh Zhou Yongkang. Zou adalah mantan Menteri Keamanan publik dan merupakan anggota dari sembilan orang komisi utama dari Partai Komunis China.

Perjalanan Obor Olimpiade di China merupakan salah satu perjalan terpanjang dilakukan oleh pembawa Obor Olimpiade. Penyelenggaran Olimpiade di China ini merupakan  salah satu upaya China untuk menunjukkan kebangkitan ekonomi dan kekuasaan politiknya.

Namun dengan banyak hal yang telah diupayakannya, China tetap menuai berbagai protes selama perjalanan Obor Olimpiade ini. Hal ini berkaitan dengan perlakuan China dalam menangani kaum muslim yang sedang memanas di bagian barat negara itu. Begitu juga dengan cara China sewaktu menggunakan kekerasan yang mengakibatkan korban jiwa dalam menanggapi aksi demonstrasi di Tibet dan buruknya hubungan dengan negara tetangganya Sudan.

Sepertinya Olimpiade Beijing 2008 ini tidak semulus yang China harapkan. Mereka masih harus bekerja keras untuk bisa tampil cantik dan meredakan gejolak dunia atas berbagai ‘cacat' pelanggaran hak azasi manusia yang terjadi di berbagai pelosok China. Namun bagaimanapun, Olimpiade Beijing 2008 ini juga merupakan sebuah kesempatan emas bagi para pemberita kabar baik untuk bisa menembus brikade pemerintah China, karena kabarnya mereka tidak akan melarang Alkitab memasuki negara tirai bambu itu selama Olimpiade berlangsung. Jadi Olimpiade Beijing 2008 ini harus terus didukung, karena bagaimanapun hal ini tetap mendatangkan sebuah titik cerah.

Sumber : Berbagai sumber/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami