Melindungi Anak Anda Di Dunia Online (2)

Marriage / 25 March 2008

Kalangan Sendiri

Melindungi Anak Anda Di Dunia Online (2)

Fifi Official Writer
3576
Anak-anak saat ini hidup di dunia yang baru dan berbeda, dengan hal-hal yang tidak dikenal oleh orang-orang yang bertumbuh di abad 20. Blog, ipod, Google, myspace, dan lainnya. Jika kata-kata itu asing bagi anda, maka anda bukan bagian dari dunia baru ini, tapi anak-anak anda hidup di dalamnya. Adanya internet telah secara radikal mengubah cara anak-anak memandang dan berinteraksi dengan dunia sekitar mereka.

Bagaimana kita bisa membiarkan anak-anak kita menikmati keuntungan-keuntungan dari internet tanpa jatuh dalam pengaruh negatifnya? Berikut ini beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan sebagai lanjutan dari artikel sebelumnya:

Tetapkan Batasan dan Pengaman

Selain meletakkan komputer di tempat umum, ada beberapa hal lain yang perlu anda lakukan. Salah satunya adalah memasang filter internet di komputer. Filter itu mengijinkan anda menentukan batasan dari materi-materi online yang bisa diakses anak anda, dan mencegah munculnya pop up yang tidak diinginkan. Pilihlah filter internet yang cocok untuk keluarga anda. Selain filter, penting juga bagi anda untuk menentukan standar internet, seperti berapa lama mereka bisa online setiap harinya, kpan mereka bisa online, untuk apa saja mereka diijinkan menggunakan komputer, hal-hal apa saja yang sudah di luar batas... Luangkanlah waktu untuk memikirkan pertanyaan-pertanyaan itu untuk menentukan batasan-batasan yang tepat.

Berbicaralah Dengan Mereka

Anda perlu berbicara dengan anak anda mengenai isu-isu ini. Sepulang mereka dari sekolah, atau sore hari, saat anda menanyakan bagaimana hari mereka di sekolah, tanyakan juga apa saja yang terjadi di dunia online mereka, karena itu adalah bagian besar dalam dunia mereka. Anda perlu berbagi juga dalam hal itu dan menjadi bagian di dalamnya. Berbicaralah sesantai mungkin, ingatlah bahwa anda melakukan ini karena anda mengasihi mereka, bukannya ingin mengintimidasi mereka.

Seiring dengan bertambahnya pengetahuan anda tentang internet dan jebakan-jebakan yang ada di dalamnya, bicarakan hal ini dengan anak-anak anda. Katakan, "Mama/Papa prihatin tentang hal X ini... apa kamu tahu tentang ini?" Dan didik mereka bagaimana untuk memilih dengan bijak dan aman. Ingatlah, bahkan walaupun kemampuan mereka dengan komputer dan internet jauh di atas kemampuan anda, mereka tetap membutuhkan anda untuk membimbing mereka dalam membuat keputusan yang baik.

Komunikasi dan Hubungan
Memang nyaman untuk membiarkan teknologi yang mendidik dan membesarkan anak-anak kita, apakah itu komputer, TV, atau video game. Itu mudah dan mebuat kita mempunyai lebih banyak waktu untuk melakukan urusan kita sendiri, tapi itu bukanlah rencana yang menguntungkan untuk anak-anak kita.

Anak-anak anda membutuhkan anda. Mereka membutuhkan waktu anda, perhatian, dorongan semangat, dan bimbingan anda. Tidak ada hal apapun yang dapat menggantikan hubungan antara anda dan anak anda. Dan sekali anda mempunyai hubungan itu, maka itu akan jauh lebih mempermudah anda dan mereka untuk membicarakan isu-isu dalam kehidupan mereka, apakah itu berhubungan dengan internet atau tidak. Mereka juga akan lebih mempertimbangkan masukan dari anda dan menghormati batasan yang anda tetapkan karena mereka tahu bahwa anda menginginkan hal-hal yang baik untuk mereka. Internet bukanlah tempat yang menakutkan, jika anda meluangkan waktu untuk mendidik diri anda sendiri dan anak-anak anda tentang bahaya-bahayanya, dan juga mengambil langkah untuk melindungi mereka. Jadilah bijaksana, dan nikmatilah keuntungan-keuntungan yang ditawarkan "dunia baru" ini.

Sumber : christianitytoday
Halaman :
1

Ikuti Kami