MOST : Perumpamaan Modern Mengenai Kasih Bapa

Film Review / 19 March 2008

Kalangan Sendiri

MOST : Perumpamaan Modern Mengenai Kasih Bapa

Tammy Official Writer
10822
Most MovieMost adalah film Polandia yang telah memenangkan banyak penghargaan di tahun 2003 seperti di Sundance Film Festival, Palm Springs International, dan Maui Film Festival. Serta puncaknya di tahun 2004 dinominasikan untuk Film Pendek Terbaik (Best Live-Action Short) pada Academy Awards 2004.

Apa yang menarik dari film pendek asal negara Balkan ini sehingga bisa masuk ke dalam nominasi festival-festival film tersebut ? Jawabannya, kisah yang sangat menarik dan menyentuh bahkan merupakan gambaran dari kisah Alkitab mengenai pengorbanan.

Disutradarai oleh Bobby Garabedian, film ini direkam di Czech Republic dan Polandia serta memiliki subtitle bahasa Inggris. MOST berkisah mengenai seorang ayah dan anak yang saling mengasihi satu sama lain. MOST adalah bahasa Polandia yang berarti ‘jembatan' (The Bridge). Dalam kisah ini sang ayah harus mengambil keputusan yang sangat berat dan tak dapat dimengerti oleh siapapun yang akan mempengaruhi hidup orang banyak - yang mereka sendiri tidak tahu bahwa itu memiliki pengaruh dalam hidup mereka.

Most MovieLada (diperankan oleh Ladislav Ondrej), sang anak, bertanya kepada sang ayah (diperankan oleh Vladimir Javorsky) apakah ia bisa ikut ayahnya pergi ke jembatan. Jembatan dimana ayahnya bekerja sebagai operator, menaikkan jembatan ketika kapal harus lewat dan menurunkannya ketika kereta api akan lewat. Satu hari ketika Lada ikut ayahnya bekerja, sebuah kereta datang lebih cepat dari biasanya. Lada mencoba untuk memberitahu ayahnya bahwa sebuah kereta datang lebih cepat, tapi ayahnya tidak bisa mendengarnya. Sang ayah sedang sibuk memperbaiki mesin. Maka, sang anak mencoba untuk menekan tombolnya sendiri, membuat jembatan turun sehingga kereta api bisa lewat. Sang ayah akhirnya menyadari masalah tersebut, tetapi Lada telah jatuh ke tempat roda jembatan dan katrol berada. Sang ayah harus membuat keputusan. Menyelamatkan anaknya dan membiarkan kereta api tersebut kecelakaan. Atau, menurunkan jembatan, menyelamatkan kereta api dan mengorbankan anaknya terlindas roda.

Benar-benar pilihan yang sangat sulit yang harus diputuskan oleh sang ayah...

Mungkin sebagian dari anda sudah bisa menebak akhir kisah dari film yang berdurasi 33 menit ini, tetapi anda semua tahu pasti bahwa kisah ini mirip dengan kisah pengorbanan dalam Alkitab. Melalui film ini, bisa menjadi contoh yang sebenarnya akan apa arti yang sebenarnya mengenai pengorbanan, dan yang telah disampaikan melalui film pendek ini sangat jelas : seni yang sebenarnya, hidup yang sebenarnya, dan harapan yang sebenarnya.

MOST (The Bridge)
Pemain :
Vladimir Javorsky, Linda Rybova, Lada Onorej
Sutradara : Bobby Garabedian.
Produser : William Zabka, Bobby Garabedian, Michael Deffert, Ed Bernard
Genre : Drama, Film Pendek
Durasi : 33 menit.
Music Score : John Debney (The Passion of The Christ)

Berikut simak video trailer MOST The Movie disini. You'll love this touching movie !

Recommended For You :

 

Halaman :
1

Ikuti Kami