Bebas Dari Perbudakan Kuasa Jahat

Kata Alkitab / 11 March 2008

Kalangan Sendiri

Bebas Dari Perbudakan Kuasa Jahat

Admin Spiritual Official Writer
13858

Perbudakan kuasa gelap dapat terbawa ketika seseorang dimiliki, ditindas atau ada dalam pemberontakan terhadap Tuhan (dosa kedagingan). Memerlukan ketajaman dari Tuhan untuk menguraikan yang mana dari ini yang menghasilkan perbudakan pada hidup seseorang.

Alkitab menyatakan dengan jelas adanya kuasa jahat atau roh setan di dunia yang mengganggu kehidupan manusia (Efesus 6:11-19). Kekuatan iblis, atau kuasa jahat, mempengaruhi dan mengendalikan pikiran individual, membawa sakit penyakit dan menyebabkan perilaku tanpa disadari, ketidakmampuan untuk berfungsi secara normal dan bahkan tindakan bunuh diri. Sebagai hasil dari tekanan-tekanan ini, orang berada dalam keadaan membahayakan dirinya maupun sesamanya.

Apa Yang Alkitab Katakan

Di antaramu janganlah didapati seorangpun yang mempersembahkan anaknya laki-laki atau anaknya perempuan sebagai korban dalam api, ataupun seorang yang menjadi petenung, seorang peramal, seorang penelaah, seorang penyihir, seorang pemantera, ataupun seorang yang bertanya kepada arwah atau kepada roh peramal atau yang meminta petunjuk kepada orang-orang mati. Sebab setiap orang yang melakukan hal-hal ini adalah kekejian bagi TUHAN, dan oleh karena kekejian-kekejian inilah TUHAN, Allahmu, menghalau mereka dari hadapanmu. (Ulangan 18:10-13)

Karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara. (Efesus 6:12)

Setibanya di seberang, yaitu di daerah orang Gadara, datanglah dari pekuburan dua orang yang kerasukan setan menemui Yesus. Mereka sangat berbahaya, sehingga tidak seorangpun yang berani melalui jalan itu.... Yesus berkata kepada mereka: "Pergilah!" Lalu keluarlah mereka dan masuk ke dalam babi-babi itu. Maka terjunlah seluruh kawanan babi itu dari tepi jurang ke dalam danau dan mati di dalam air. (Matius 8:28,32)

"Dan juga orang banyak dari kota-kota di sekitar Yerusalem datang berduyun-duyun serta membawa orang-orang yang sakit dan orang-orang yang diganggu roh jahat. Dan mereka semua disembuhkan. (Kisah Rasul 5:16)

Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu -- seperti yang telah kubuat dahulu -- bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. (Galatia 5:19-21)

Indikasi Dari Aktivitas Kuasa Jahat

Area berikut ini mungkin menolong Anda menyadari bahwa Anda perlu dibebaskan dari penindasan, kepemilikan dan perbudakan kedagingan (dosa) :

1. Dorongan untuk menyakiti binatang dan manusia.
2. Perilaku seksual tidak wajar dan imoralitas (homoseksual, penganiayaan).
3. Dorongan untuk menyakiti tubuh sendiri (melalui obat-obatan, alkohol, kerakusan, kekerasan atau penyalahgunaan milik orang, dll).
4. Pencarian pengetahuan spiritual melalui kepercayaan Timur dan kelompok keagamaan tiruan (yoga, humanisme dll).
5. Berhubungan dengan tindakan okultisme (peramalan keberuntungan, satanisme, dll).
6. Penderitaan secara mental atau penindasan (kekuasaan, ketakutan, kemarahan, kehilangan orientasi, dll).
7. Kekacauan secara psikologis (perpecahan dan kepribadian ganda, paranoia, dll).
8. Penyakit pada fisik dapat disebabkan oleh kuasa jahat (perbudakan secara spiritual, dll).
9. Kekurangan kebebasan atau sukacita dalam Tuhan (perbudakan spiritual).
10. Ketidakmampuan atau penolakan secara kontinyu untuk bertobat dari dosa, meskipun Anda menyadari bahwa Anda adalah orang berdosa (pemberontakan).

Lihatlah bagian Alkitab di bagian pekerjaan rumah di bagian dalam kamus Alkitab dan konkordansi sebagai contoh apa yang ditulis di atas. Jika Anda mengalami kesulitan melihat masalah Anda, cari pertolongan dari pendeta, penatua atau konselor Kristen yang akan menolong Anda untuk melihat kebutuhan Anda dan dapat menasehati dan berdoa bersama Anda.

Apakah Jawaban Dari Tuhan

"Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang." (Lukas 4:18-19)

Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka (Markus 16:17)

Yesus datang untuk membebaskan mereka yang ada dalam tawanan. "Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan. (Roma 10:13). Bentuk kata "diselamatkan" termasuk dalam masalah spiritual, fisik dan kesehatan mental Anda.

Anda perlu berdoa kepada Tuhan yang akan mengampuni dosa Anda, membersihkan, menjadi Juru selamat Anda dan Tuhan Anda dan memenuhi Anda (membaptis) Anda dengan Roh Kudus (1 Yohanes 1:8-9, Yohanes 1:12, Lukas 11;13, Kisah Rasul 1:8). Roh Kudus akan memberikan Anda kuasa untuk mengalahkan perbudakan kuasa jahat, kegiatan jahat dan pengaruhnya. Anda akan dimerdekakan. Anda dapat mengalami pengalaman kelimpahan, kepenuhan, hidup yang penuh arti dengan sukacita dan hasrat Allah bagi hidup Anda (Yohanes 10:10).

Jika Anda Tidak Bisa Berdoa Dengan Kemenangan

Pertama, Anda perlu memastikan bahwa masalah Anda bukanlah masalah kedagingan, atau apa yang Anda sengaja lakukan. Ambil keberanian, jangan takut dengan apa yang Anda miliki. Anda harus memilih kepada siapa Anda harus menyembah : diri sendiri dan keinginan daging Anda, setan atau kepada Tuhan? Bertobat dari semua hasrat dosa Anda. Tinggalkan dosa, perbuatan dosa dan semua kebiasaan yang ada di dalamnya. Buat komitmen pada Tuhan dengan kebulatan tekad. Setelah Anda bertobat dan meminta pengampunan, terimalah jaminan dari Tuhan bahwa Anda telah menjadi anak Tuhan dan telah menerima pengampunan.

Jika Anda perlu pertolongan lebih lanjut, penatua gereja dapat berdoa dan melayani Anda : "Kalau ada seorang di antara kamu yang sakit, baiklah ia memanggil para penatua jemaat, supaya mereka mendoakan dia serta mengolesnya dengan minyak dalam nama Tuhan. Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni." (Yakobus 5:14-15)

Bagaimana Anda Bisa Tetap Merdeka

Anda tidak bisa membalas pada roh orang mati, tidak juga menyalipkan roh jahat. Anda juga tidak dapat mengusir kedagingan. Anda harus menyalibkan kedagingan (Galatia 2:20) dan semua hasratnya dan mengusir roh jahat itu (Yakobus 4:7). Ketika kuasa jahat atau setan diusir, Anda perlu pribadi pengganti, jika tidak ia akan kembali lagi (Matius 12:43-48).

Anda dapat memastikan kemenangan terhadap kuasa jahat jika Anda telah menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat (Yohanes 1:12) dan menerima baptisan melalui Roh Kudus (Kisah Rasul 1:8). Roh Kudus akan memimpin Anda kepada kebenaran, memberi Anda kekuatan, menjadi perantara Anda. Roh Kudus juga akan memberi Anda karunia spiritual, seperti : kemampuan melihat perkara rohani, untuk peperangan rohani atau untuk yang lainnya (1 Korintus 12, Markus 16:9-20).

Jika Anda menerima keberadaan Tuhan, sifat kedagingan yang Anda miliki (seperti perilaku tanpa tanggung jawab, kesombongan dan kekurangan kasih) akan digantikan dengan buah Roh Kudus (Galatia 5:22-23).

Kebutuhan terbesar Anda adalah melanjutkan pelajaran Firman Tuhan. Merenungkan Firman Tuhan siang dan malam (Yosua 1:8) untuk meletakkan semua senjata Allah yang membuat Anda mampu secara efektif mengalahkan kuasa jahat (Efesus 6:10-18). Yesus menjawab iblis dengan memakai Firman Tuhan (Lukas 4:1-13). Anda juga dapat melakukan hal yang sama. Berdoalah tanpa jemu-jemu (1 Tesalonika 5:17) dan masukilah persekutuan gereja lokal untuk pelayanan lebih lanjut (Ibrani 10:25).

Secara konsisten Anda harus menghormati Tuhan dengan memberikan ucapan syukur dan pujian. Ketika Anda memberikan tempat pertama pada Tuhan dalam pikiran dan tindakan Anda, setan dan kuasa jahat tidak akan mempunyai tempat dalam kehidupan Anda.

Referensi Dan Pekerjaan Rumah Bagi Anda

Referensi Alkitab yang bisa Anda pelajari tentang kuasa jahat adalah :

  • I Samuel 28
  • Matius 8:28-32; 9:32, 33; 12:43-45; 15:22-28; 17:15-18
  • Markus1:23-27
  • Lukas 8:2; 10:17
  • Kisah Rasul 5:16; 8:7; 19:12

• Wahyu 16:13, 14

Sumber : cbn.com
Halaman :
1

Ikuti Kami