Fifi

Official Writer
2139


Hari-hari ini media informasi semakin berkembang pesat. Seorang anak menangkap berbagai macam hal melalui acara televisi, film, iklan, majalah, video game, dan internet. Sebagian besar dari informasi itu berlawanan dengan nilai-nilai Kristen kita. Karena itu, banyak orang tua yang membatasi saluran-saluran TV, melarang anak mendengar jenis musik tertentu, dan juga memasang filter internet, yang semuanya berjalan cukup baik. Tapi kecuali anda bisa menemukan cara untuk membentengi anak-anak anda dari setiap bentuk media dan pengaruh dari luar, cepat atau lambat mereka harus berhadapan dengan pesan-pesan yang ditawarkan dunia ini.

Jadi bagaimana kita dapat membantu anak-anak kita mengembangkan pemikiran dengan filter moral? Berikut ini beberapa saran lanjutan dari artikel sebelumnya:

Berbagi Cerita

Ceritakan inspirasi dari kisah atau pengalaman anda, orang lain, dan juga kisah-kisah di alkitab. Mengapa orang mengingat kisah tentang Daniel dan mulut singa? Karena itu adalah cerita yang bagus tentang berdiri teguh menghadapi tekanan dari lingkungan. Dan jika anda benar-benar ingin itu tertanam kuat dalam kepala anak anda, mulailah menceritakan tentang pengalaman anda, kegagalan moral, konsekuensinya, bagaimana anda bangkit dan bertanggung jawab dan juga hal-hal yang anda lakukan yang bisa mereka teladani.

Hubungkan Dengan Konsekuensi

Keputusan-keputusan yang dibuat oleh anak-anak pada usia muda bisa membuat perbedaan yang sangat besar. Jika seseorang memilih seks pra nikah, dia bisa menghadapi konsekuensi kehidupan. Bahkan walaupun kita tidak membicarakan kepedulian terhadap kehidupan spiritual mereka, ada alasan-alasan dan konsekuensi dunia yang harus dihadapi. Kita perlu menolong mereka melihat pendekatan secara total terhadap kehidupan yang nantinya akan mempengaruhi bukan saja hubungan mereka dengan Tuhan atau dengan kita sebagai orang tua mereka, tapi juga mempunyai akibat-akibat di banyak area kehidupan yang lain. Kehidupan moral mereka akan mempengaruhi bagaimana kepribadian mereka berkembang, dan itu akan mempengaruhi orang lain secara positif atau secara negatif.

Perhatikan Juga Yang Lain

Seks, kekerasan, dan kata-kata tidak senonoh memang menjadi pusat perhatian dan keprihatinan kita, tapi ada program TV lain seperti film kartun, yang mungkin tidak memuat salah satu dari ketiga hal di atas, tapi tetap mengajarkan pandangan yang salah. Pandangan relativisme yang mengajarkan bahwa seiring dengan evolusi manusia maka kode etika juga akan berubah, membuat isu-isu seperti pornografi dan homoseksualitas menjadi kabur dan tidak jelas. Sangat penting untuk menjadi jeli dan juga menerapkan filter moral pada hal-hal selain yang menjadi perhatian utama

Jadilah Teladan Bagi Mereka

Anda tidak bisa membohongi anak-anak anda. Integritas anda adalah pelajaran paling berharga yang bisa anda berikan kepada mereka, karena mereka melihat dan meniru anda. Anda menjadi contoh bagi anak anda untuk berperilaku benar atau tidak benar dalam setiap hal, besar maupun kecil. Perbuatan anda berbicara lebih keras kepada mereka. Munkin anda berpikir, "Kenapa begitu sulit? Saya hanya akan melindungi anak saya dari hal-hal buruk dan mengelilingi mereka dengan pengaruh Kristen." Tapi itu bukanlah pilihan yang diberikan Tuhan kepada kita.

Kita bisa saja mengasingkan diri dari dunia, tapi kita juga bisa tetap menghadapi dunia dengan cara Yesus menghadapi dunia. Hanya dengan cara itu anak-anak anda bukan saja akan menjadi filter dari budaya serta nilai yang salah, tapi mereka juga akan menjadi orang-orang yang mengubah kehidupan.

Sumber : christianitytoday


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7241

Banner Mitra Juli 1-2