10 Tips Otot Relaks

10 Tips Otot Relaks

Lestari99 Official Writer
6800

Otot terasa lelah karena terlalu banyak olahraga? Yang Anda butuhkan adalah istirahat atau relaksasi untuk otot Anda. Ini diperlukan untuk membuat otot kuat dan bertumbuh lebih baik. Mau tahu caranya?

1. Bernafas

Bukan sembarang bernafas tapi bernafas dengan teknik yang benar. Ini bisa dilakukan setelah selesai olahraga atau dikala Anda hendak pergi tidur. Fokus pada nafas Anda, bernafas dalam, keluar dan masuk. Ketika Anda menghembuskan nafas, pikirkan bahwa semua kelelahan dan tegangan pada otot ikut mengalir keluar dengan nafas Anda.

2. Peregangan

Lakukan peregangan sesaat setelah olahraga selesai dilakukan. Untuk masing-masing bagian otot, regangkan selama 15-30 detik dan usahakan untuk tidak memaksakan diri hingga terasa sakit. Ada beberapa cara peregangan, salah satunya ialah dengan berdiri atau duduk dan membungkuklah hingga menyentuh jari-jari kaki Anda.

3. Tidur

Siapa yang tidak ingin tidur nyenyak di malam hari? Tidur tidak hanya baik untuk mental tapi juga sangat dibutuhkan oleh otot. Kurang tidur bisa mengakibatkan stress pada otot dan membuatnya tegang. Usahakan tidur 7 jam pada malam hari dan 20 menit pada siang hari.

4. Tergantung Terbalik

Ini terdengar sebagai cara yang tidak biasa untuk membuat otot santai. Tapi dengan membiarkan gravitasi melakukan tugasnya, otot Anda akan bebas dari rasa tegang. Selesai olahraga, cari tempat yang enak untuk Anda ‘berdiri terbalik'. Intinya, kaki harus berada di atas. Tapi ingat, jangan terlalu lama berada pada posisi ini!

5. Atur Rutinitas

Sebagaimana baiknya Anda berolahraga, otot Anda tidak akan bisa santai kalau rutinitas Anda begitu padat dan memaksa kerja otot terus-menerus. Minimal dalam satu minggu penuh yang sangat sibuk, usahakan ada dua hari dimana otot Anda istirahat total. Jika Anda memang harus olahraga setiap hari, atur jadwal istirahat per tiga bulan. Ada satu minggu kosong per tiga bulan merupakan toleransi yang baik bagi otot.

6. Pijat

Ini cara paling enak untuk men'jinak'kan otot. Setelah berolahraga, pijatan yang dilakukan dengan benar akan sangat baik untuk otot yang tegang. Sambil dipijat, Anda bisa sambil melatih pernafasan. Menyenangkan!

7. Mandi

Mandi sangat baik untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mentransportasikan oksigen dan nutrisi untuk otot. Mandi baik dilakukan saat sore atau malam hari setelah olahraga. Pilihan mandi bukan hanya mandi biasa tapi lebih kepada berendam, sauna atau steam yang dilakukan selama 10-15 menit.

8. Teh Hijau

Ini sangat mudah dilakukan dan dapat Anda tambahkan dalam jadwal konsumsi rutin harian Anda. Teh hijau mengandung aktioksidan untuk membuang radikal bebas. Secangkir teh hijau sehari bisa membantu otot Anda relaks.

9. Akupuntur

Perawatan ala Cina kuno ini bisa untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan tentunya bisa bikin otot relaks. Carilah pakar akupuntur yang ‘know what he's doing' supaya target titik-nya benar dan prakteknya pun benar.

10. Magnesium

Yang paling dibutuhkan otot Anda untuk relaks adalah magnesium. Karena itu tidak ada salahnya mengkonsumsi suplemen magnesium setiap hari. Kalau Anda bukan tipe pengkonsumsi suplemen, dapatkan magnesium di dalam nasi merah, bayam, almon dan kacang-kacangan. Intinya, harus ada asupan 400-420 mg magnesium di tubuh Anda setiap harinya.

Sumber : askmen
Halaman :
1

Ikuti Kami