Biasakan Pola Makan Sehat Sejak Kecil

Parenting / 27 February 2008

Kalangan Sendiri

Biasakan Pola Makan Sehat Sejak Kecil

Fifi Official Writer
3437
Cara terbaik mendorong anak untuk senang memilih makanan sehat adalah menyediakannya dan membatasi pilihan jenis yang tidak sehat ketika makan bersama keluarga di rumah.

Berikut ini tipsnya:

1. Sediakan dan selalu tawari anak untuk minum air putih.

2. Selalu sediakan buah yang siap dimakan di meja makan atau lemari es. Pilihan buah bisa berupa semangka, nanas, melon, dan pepaya yang sudah dipotong-potong, jeruk yang mudah dikupas, pisang, salak, dan lain-lain. Pilih buah kesukaan anak Anda.

3. Pilihkan anak kudapan sehat seperti yoghurt, buah-buahan kering, kacang-kacangan, keju, atau crackers.

4. Ketika memasak daging, pilih yang bebas lemak. Biasakan juga anak untuk makan telur, kacang-kacangan, tahu, dan tempe. Jangan biasakan anak makan gorengan yang terlalu berminyak.

5. Batasi makanan olahan seperti kornet, dendeng, dan makanan lain yang mengalami proses pengawetan. Selalu pilih makanan segar dan alami untuk keluarga Anda.

6. Batasi fast food dan makanan miskin gizi seperti keripik dan permen. Mungkin boleh-boleh saja jika Anda membiarkan mereka sekali-sekali makan keripik dan permen, asal jangan terus-menerus.

7. Jangan biasakan anak untuk minum sirop atau minuman bersoda. Sebaliknya, biasakan anak minum jus segar bikinan sendiri.

Dengan membiasakan pola makan seperti ini sejak kecil, maka kebiasaan ini akan lebih tertanam dalam diri anak sampai mereka beranjak dewasa.

Sumber : kcm
Halaman :
1

Ikuti Kami