Apa yang terjadi saat Anda berkedip??

Serba-Serbi Sehat / 26 February 2008

Kalangan Sendiri

Apa yang terjadi saat Anda berkedip??

Lestari99 Official Writer
10783

Tahukah Anda bahwa ketika manusia mengedipkan matanya, ada suatu bagian kecil dari otak yang ikut "mati" sementara? Seperti lampu mati dan gelap sesaat, begitulah keadaannya ketika mata berkedip.

Tim khusus dari sebuah universitas di London menemukan bahwa otak mematikan satu bagian dari sistem penglihatan setiap kali mata berkedip. Ini pasti terjadi walau cahaya masih memasuki mata saat berkedip.

Sebenarnya setiap kali berkedip, waktu yang dibutuhkan adalah hanya antara 100 sampai 150 milidetik, karena itulah kadang manusia tidak sadar ketika mereka melakukannya. Manusia biasanya berkedip 10 sampai 15 kali permenit untuk membuat kornea mata tetap terjaga kelembabannya dan tetap terkena oksigen.

Selama proses berkedip, tidak ada input visual dan tidak ada cahaya. Tapi manusia tidak secara sadar mengenali semua "kehilangan cahaya dan visual" saat itu.

Para peneliti menggunakan sebuah alat khusus untuk mengakses efek dari kedipan mata terhadap otak. Alat yang terbuat dengan serat kabel optik itu diletakkan di mulut para sukarelawan yang mengenakan kacamata anti cahaya dan berbaring di sebuah scanner otak. Serat optik ini akan menerangi bola mata lewat atap mulut menggunakan cahaya berdaya besar hingga sanggup membuat kepala menyala berwarna merah. Ini membuat cahaya yang ada di retina tetap konstan meskipun ketika mereka berkedip.

Cara yang cukup rumit ini akan memudahkan para peneliti untuk mengukur efek dari kedipan terhadap aktifitas otak. Di sana mereka menemukan bahwa kedipan dapat mendiamkan sesaat aktifitas otak yang selalu aktif kala manusia sadar akan situasi yang melibatkan objek tertentu yang tertangkap oleh visual. Kondisi ini seumpama ruangan yang tiba-tiba gelap gulita dan tidak ada aktifitas di dalamnya.

Sulit dimengerti memang jika manusia tidak sadar bahwa ada bagian otak yang "mati sesaat" hanya karena sebuah aktifitas sederhana seperti kedipan. Satu lagi bukti bahwa organ tubuh manusia bekerja dengan cara yang luar biasa unik.

Sumber : bbc
Halaman :
1

Ikuti Kami