Menyelamatkan Harta Saat Bencana

Investment / 23 February 2008

Kalangan Sendiri

Menyelamatkan Harta Saat Bencana

Fifi Official Writer
3867
Pernahkah Anda membayangkan bagaimana jika suatu bencana alam menimpa Anda? Tuhan Maha Besar. Jadi, apa yang bisa Anda lakukan adalah berdoa dan berusaha. Berusaha? Ya, berusaha. Paling tidak, pada saat ini Anda pasti sudah memiliki sejumlah harta yang sudah Anda kumpulkan dari hasil jerih payah Anda selama bertahun-tahun. Entah itu tabungan di bank, deposito, rumah, kendaraan, bisnis sendiri atau yang lainnya. Nah, apa yang harus Anda lakukan sekarang adalah menjaganya. Menjaga kalau-kalau apabila terjadi bencana seperti yang belakangan ini terjadi (banjir, gempa bumi, tsunami,dsb), Anda masih bisa mempertahankan sebagian dari harta Anda.

Lalu, bagaimana menjaganya? Ada 3 tips sebagai berikut yang mungkin bisa Anda jalankan.

Jangan Simpan Semua Harta Anda di Rumah
Ya, pernahkah Anda membayangkan seseorang yang menyimpan semua hartanya di rumah? Orang yang menyimpan semua harta bendanya di rumah, maka kalau ada musibah yang menimpa rumahnya, bisa dipastikan ia akan kehilangan semua hartanya.

Jadi, kenapa Anda masih menyimpan semua harta Anda di rumah? Simpan di bank, belikan tanah di daerah lain, investasikan uang Anda ke beberapa tempat. Prinsipnya, jangan taruh semua harta benda Anda di rumah. Dengan demikian, kalau ada bencana menimpa rumah Anda dan sekitarnya, Anda masih memiliki sebagian harta di tempat lain.

Miliki Aset
Banyak diantara kita yang masih menyimpan sebagian besar harta kita dalam bentuk uang tunai. Bahkan kadang kita menyimpannya sampai banyak sekali di rumah kita. Padahal tahu enggak, uang tunai itu terbuat dari bahan yang mudah sobek, lepek atau terbakar. Apalagi kalau terjadi bencana.

Cobalah pertimbangkan untuk tidak menaruh keseluruhan harta Anda dalam bentuk uang tunai (apalagi di rumah), tetapi alihkan dalam bentuk aset, seperti emas misalnya. Emas terbuat dari bahan yang tak lekang ditelan zaman, lho. Jadi, kalau terjadi bencana atau musibah, paling tidak aset Anda bisa bertahan.

Simpan Surat-Surat Penting di Safe Deposit Box
Ijazah SMA atau Ijazah Kuliah Anda seringkali Anda rasakan lebih berharga dari harta Anda. Betul, kan? Sudah susah-susah sekolah sampai 3 atau 5 tahun, eh, masak, sih, enggak ada bukti apa-apa. Itu kalau ijazah. Bagaimana kalau surat-surat yang berhubungan dengan rumah atau kendaraan? Seperti Akta Jual Beli Rumah misalnya? Atau BPKB?Jangan sampai, deh, hilang.

Makanya, daripada hilang kalau ada apa-apa, coba, deh, simpan surat-surat tersebut di Safe Deposit Box di bank misalnya. Memang, sih, bisa saja Anda punya lemari penyimpanan sendiri di rumah yang tahan api misalnya. Tapi dengan menyimpannya di tempat lain yang bukan di rumah, kadang-kadang itu malah lebih aman, lho. Enggak percaya? Coba buktikan sendiri.

Nah, mudah-mudahan 3 tips di atas tadi bisa membantu Anda berjaga-jaga bila terjadi musibah yang mungkin bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.

Sumber : Safir Senduk
Halaman :
1

Ikuti Kami