Sehatnya Dipijat

Sehatnya Dipijat

Lestari99 Official Writer
8357

Pijat adalah terapi sentuhan paling tua dan warisan tradisional yang turun temurun. Saat badan terasa pegal-pegal, hm... betapa nikmatnya bila dipijat. Tak heran jika banyak orang yang merasa ‘ketagihan' dipijat. Seni pijat dikenal dengan the healing touch karena banyaknya manfaat kesehatan yang didapat. Dari bayi hingga orang dewasa membutuhkan sentuhan kesembuhan ini.

Beberapa manfaat pijat antara lain:

Meningkatkan Aliran Darah

Otot yang tegang dan kaku tidak dapat menahan cairan. Sebaliknya, cairan juga tidak dapat melaluinya. Ini akan mengganggu peredaran darah dan membuat jantung bekerja lebih keras dan badan cepat lelah dan nyeri. Pijat akan membantu mendorong darah mengalir ke arah jantung, sehingga membantu mengurangi beban jantung.

Mencerahkan Kulit

Kulit yang kasar, berkeriput dan hilang keremajaannya karena matahari, debu, kurang nutrisi atau proses penuaan dapat 'diperbaiki' dengan pijatan. Pijatan membuat pembuluh darah melebar dan membawa lebih banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk perbaikan kulit serta mempercepat proses pembuangan racun berbahaya. Sirkulasi darah yang lancar akan melembabkan kulit serta memperbaiki teksturnya. Pijat wajah secara rutin sangat baik bagi wanita.

Meredakan Rasa Nyeri

Rasa nyeri dapat disebabkan oleh penyakit atau cidera pada tubuh. Teknik pemijatan yang benar akan mengaktifkan sinyal reseptor pada serabut saraf yang bisa menghambat sinyal rasa nyeri ke otak.

Memperbaiki Fungsi Saraf

Otot yang tegang cenderung menekan atau menjepit saraf dan mengakibatkan rasa nyeri atau kesemutan. Pemijatan akan merilekskan otot yang tegang dan mengurangi tekanan pada saraf.

Meningkatkan Sistem Pertahanan Tubuh

Orang yang kurang banyak bergerak, aliran limfatik yang penting bagi tubuh untuk melawan infeksi dan menyembuhkan cidera akan terhambat. Pemijatan akan memperbaiki jumlah cairan limfe dalam sistem limfatik. Tubuh akan lebih kuat dalam melawan infeksi dan mempercepat penyembuhan penyakit dan cidera.

Mengendurkan Otot Kaku

Tubuh yang kaku dan stress karena terlalu banyak bergerak dapat menjadi rileks dengan pijatan yang efektif meregangkan otot kaku.

Dengan begitu banyak fungsi, pijat sebenarnya suatu terapi yang positif. Masalahnya, banyak pihak yang sudah menyelewengkan terapi ini untuk praktik tenaga dalam atau prostitusi. Karena itu, kalau mau pijat, jangan sampai salah tempat dan tujuan!

Sumber : humanhealth
Halaman :
1

Ikuti Kami