Tentang Sikat Gigi

Info Sehat / 18 February 2008

Kalangan Sendiri

Tentang Sikat Gigi

Lestari99 Official Writer
8275

Apakah Anda jenis orang yang suka berlama-lama sikat gigi di pagi dan malam hari? Jika ya, Anda harus tahu tentang hasil penelitian terbaru dari Newcastle University.

Studi yang dilakukan terhadap 12 orang dalam waktu 4 minggu dengan menggunakan komputer canggih tersebut membuktikan bahwa menyikat gigi terlalu lama apalagi dengan "kekuatan penuh" sama sekali tidak akan membuat gigi Anda lebih putih, melainkan bisa beresiko merusak gigi dan gusi Anda.

Ke 12 orang tersebut diminta mencoba 16 cara sikat gigi yang berlainan waktu dan penggunaan tenaganya. Dari 30 detik sampai 3 menit. Dari sekuat tenaga sampai penuh kelembutan.

Hasilnya menunjukkan bahwa waktu maksimal yang terbaik untuk Anda menggosok gigi adalah 2 menit dengan kekuatan yang wajar. Jangan terlalu lembut dan jangan pula terlalu menekan gigi. Jika ini dilanggar, maka lapisan pelindung gigi Anda bisa rusak permanen. Yang ada bukannya bersih, malah rapuh.

Peter Heasman, pemimpin penelitian itu juga menyarankan agar setiap orang belajar cara menyikat gigi yang efektif, agar semua bagian gigi dapat bersih maksimal dalam waktu singkat tanpa melukai gigi dan gusi. Biasanya, orang terbawa sugesti "makin lama makin bersih". Padahal hal itu sama sekali tidak benar.

Dan tentang penggunaan sikat gigi yang terbaik, sikat gigi elektronik yang kini sudah edar di pasaran Indonesia, merupakan pilihan yang terbaik, karena lebih efektif 11% dalam mengurangi timbunan plak dibanding sikat gigi manual.

Mau coba?

Sumber : bbc
Halaman :
1

Ikuti Kami