Pilah-Pilih Pemutih

Fit & Charming / 16 February 2008

Kalangan Sendiri

Pilah-Pilih Pemutih

Lestari99 Official Writer
11156

Sebaiknya, bersyukurlah dengan warna kulit alamiah Anda. Namun tidak ada salahnya jika Anda ingin tampil lebih baik dengan warna kulit yang lebih cerah. Berikut tips memilih pemutih yang tepat:

1. Pilih pemutih yang secara jelas mencantumkan bahan apa saja yang digunakan sebagai bahan dasar. Perhatikan bahan pemutih tersebut dan hindari kandungan kimia sintesis berikut:

- Merkuri: sangat cepat dalam menghilangkan noda dan menerangkan warna kulit tapi berbahaya bagi kulit dan bisa meracuni sistem saraf dan ginjal.

- Hidroquinon: sering menyebabkan kulit menjadi iritasi, sensitif dan serasa terbakar. Jika berhenti menggunakan maka noda akan segera kembali lagi.

- Tretinoin atau AHA dan BHA kimiawi berefek meluruhkan sel-sel kulit mati yang mengandung pigmen melanin bersifat mengiritasi dan membuat kulit jadi sensitif.

Sebanyak 30% bahan pemutih akan terserap ke dalam darah. Karena itu jika terbuat dari bahan kimia sintesis, maka beresiko meracuni sistem tubuh.

2. Pilih pemutih yang berbahan dasar alamiah seperti:
- white mulbery
- arbutin
- licorice
- kojic acid
- alfa hydroxy acid
- beta hydroxy acid

3. Tanya kepada orang yang lebih ahli mengenai apakah pemutih yang Anda pakai bersifat "tidak bisa dihentikan". Sebaiknya jangan pilih yang seperti itu karena ketika Anda berhenti, kulit akan menjadi kusam dan terlihat lebih gelap dari sebelumnya. Pilih yang sealami mungkin seperti bengkoang misalnya.

4. Pilih bahan pemutih yang mengandung tabis surya dengan SPF minimal 15 untuk menghambat pembentukan kembali pigmen melanin yang disebabkan paparan sinar matahari pada pukul 09.00-16.00.

5. Untuk SPF, pilih salah satu bahan berikut:
- avobenzone
- titanium dioksid
- zinc oksid

6. Pilih produk yang tidak menimbulkan komedo dan tidak menimbulkan jerawat.

7. Pilih produk pemutih yang berharga lebih mahal ketimbang yang lebih murah. Biasanya, bahan yang digunakan lebih bermutu dan tidak menimbulkan efek samping.

8. Perhatikan tanggal kadaluarsa produk.

9. Pilih pemutih yang memiliki nomor registrasi, nama produsen, peringatan efek samping, maupun informasi produk lengkap dalam bahasa yang bisa Anda mengerti (Inggris/Indonesia).

10. Sebaiknya gunakan pemutih yang sudah dianjurkan oleh dokter kulit Anda dan bukan yang dipakai orang kebanyakan. Karena belum tentu yang cocok bagi orang lain akan sama cocok bagi Anda juga.

Sumber : nirmala
Halaman :
1

Ikuti Kami