Jangan Susah Tidur Lagi

Solusi Sehat / 15 February 2008

Kalangan Sendiri

Jangan Susah Tidur Lagi

Lestari99 Official Writer
11011

Hari-hari ini, banyak wanita dewasa yang ternyata mengalami gejala insomnia atau susah tidur. Daripada bayar dokter untuk memberi resep obat-obatan dengan harga tertentu, lebih baik Anda yang mengidapnya mengikuti saran berikut.

Satu cara yang telah terbukti ampuh untuk membuat Anda tidur nyenyak di malam hari ialah dengan berolahraga di pagi harinya. Mereka yang sudah melakukannya menyatakan bahwa tidur malam akan terasa jauh lebih lelap dan rileks.

Tapi sekali lagi, Anda harus ingat bahwa olahraga pagi-lah yang baik, bukan olahraga sore. Olahraga di sore hari justru akan menambah parah gejala insomnia, sebuah studi memastikan. Anda juga jangan berpikir bahwa olahraga pagi tersebut harus sesuatu yang berat untuk mendapat hasilnya. "Cukup jalan kaki saja atau naik sepeda selama 45 menit, kok" ujar Anne McTiernan, seorang pimpinan peneliti.

Awalnya, studi yang dilakukan para peneliti di Fred Hutchinson Cancer Research Center ini mempelajari efek olahraga untuk mengurangi resiko kanker payudara. Tetapi karena di dalam studi tersebut terdapat survei tentang "susah tidur", para peneliti itu jadi mengembangkan penelitiannya.

Para wanita yang menjadi relawan dalam penelitian tersebut, dibagi dalam dua grup. Ada yang melakukan olahraga lari atau sepeda dan ada pula yang melakukan hanya peregangan (stretch) biasa. Tetapi kedua grup tersebut melakukannya secara rutin yaitu 5 kali dalam satu minggu. Hasilnya, 70% dari grup wanita yang berolahraga benar-benar bisa tidur lebih baik, dan 30% dari mereka yang melakukan peregangan saja, juga tidur lebih baik.

Tampaknya olahraga di pagi hari mampu ‘mempersiapkan' tubuh wanita untuk aktifitas seharian di siang hari dan untuk istirahat di malam harinya. Sedangkan olahraga di sore hari akan berakibat kebalikannya.

Jadi, sama sekali tidak ada salahnya untuk dicoba. Selain itu, jam tidur teratur, kamar yang bersih dan nyaman, minuman hangat, menghindar dari stres dan pastinya doa kepada Tuhan sebelum tidur akan juga membantu Anda lepas dari derita insomnia.

Sumber : miami
Halaman :
1

Ikuti Kami