Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
5549


Soeharto, sebuah sosok yang sangat berpengaruh dibangsa ini. Kepergiannya membekas pada setiap orang di bangsa Indonesia. Masa 30 tahun pemerintahannya menghasilkan banyak hal, dari pembangunan, stabilitas namun juga menimbulkan berbagai luka. Apa kata mereka tentang pribadi Soeharto?

Mantan Ketua MPR Amien Rais :

Saya mengingatkan pemerintah untuk memaafkan mantan Presiden Soeharto. Kalau saya memaafkan Pak Harto itu mengingatkan agar jangan sampai kasus Pak Harto tak ada pemecahan dalam waktu hampir 10 tahun.

Ketua DPR dan Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Agung Laksono :

Saya mengimbau agar proses hukum Pak Harto tidak dilanjutkan lagi. Bagaimana pun Pak Harto adalah mantan presiden yang telah berjasa besar dalam membangun bangsa ini.

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri :

"Saya atas nama pribadi dan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan menyampaikan duka cita yang mendalam kepada keluarga Pak Harto. Semoga keluarga yang ditinggalkan bisa tabah dan tawakal," kata Ari Junaedi, staf Khusus Megawati mengutip pernyataan Megawati dalam keterangan tertulis.

Mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) :

Ada tiga jasa besar Pak Harto. Pertama, sikap memperhitungkan segala sesuatu. Kedua, merencanakan segala sesuatu. Ketiga, di usia tuanya, Pak Harto ingin agar pembangunan kita berorientasi kepada rakyat biasa.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Sarwono Kusumaatmaja :

Di mata Sarwono, Pak Harto adalah pemimpin yang teliti dan cermat dalam bertindak. "Beliau tidak memerintah secara asal-asalan, tetapi dengan manajemen pemerintahan yang baik dan terencana.

Mantan Menteri Keuangan Fuad Bawazier :

Sebagi bangsa yang besar, sudah sepantasnya kita menghormati dan memberikan tempat yang layak serta memaafkan semua kesalahan Pak Harto.

Ketua Komisi I DPR Theo L Sambuaga :

Bagaimanpun juga Pak Harto adalah salah satu pemimpin besar Indonesia, sehingga patut memperoleh penghormatan yang sepantasnya. Kita bisa melihat bagaimana hasil-hasil pembangunan yang sampai sekarang masih dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia.

Tifatul Sembiring (Presiden PKS)

Mungkin ini yang terbaik, Allah Swt berkehendak dan telah memanggilnya. Bagi kita yang masih hidup, harus mengambil pelajaran dari meninggalnya Suharto, manusia sehebat apapun pasti akan mengalami masa akhirnya. Semuanya akan dipertanggung jawabkan dihadapan Yang Maha Kuasa. Yang baik2 dari jasanya semoga dapat meringankan hisabnya, dan kekurangannya semoga diampuni.(ref)

Amroso Katamsi (Pemeran Soeharto dalam drama G-30S-PKI tahun 1982) :

"Pak Harto adalah sosok yang pemberani dan berwibawa. Sulit mencari orang yang sama dengan beliau.Bangsa ini kehilangan salah satu putra terbaiknya,"

KETUA DPD Ginandjar Kartasasmita

Soeharto cermin dari pemimpin bangsa yang banyak jasanya. Ia mengajak rakyat Indonesia untuk mengenang Soeharto sebagai seorang pejuang dan pemimpin yang telah banyak jasanya bagi bangsa dan negara.

"'Beliau atasan saya dan telah membesarkan saya. Saya doakan dengan setulus hati, semoga arwah beliau mendapat tempat yang semulianya di sisi Allah SWT, diampuni dosa-dosanya dan semoga keluarganya diberi kekuatan lahir dan bathin menghadapi musibah ini,'' kata Ginandjar.

BUDIMAN SUDJATMIKO

Mantan Ketua Umum Partai Rakyat Demokratik (PRD) Budiman Sujatmiko pernah ditahan di LP Cipinang, karena dituduh oleh pemerintahan Orde Baru sebagai dalang peristiwa 27 Juli 1996. Sekarang menjabat Ketua Relawan Pembela Demokokrasi (Repdem) yang merupakan underbow PDIP.

Budiman menilai, Soeharto adalah sosok yang kuat dan tangguh. Biarpun rezim berganti, Soeharto sama sekali tak tersentuh oleh hukum baik itu kasus korupsi maupun kejahatan HAM.

"Dia (Soeharto -red) figur yang kuat dan selalu dilindungi oleh para loyalisnya. Kekuatan yang menopangnya bukan lagi hanya individu-individu yang punya posisi penting tetapi sudah intitusi politik," katanya.

Secara pribadi, dia mengaku tak memiliki dendam pada Soeharto, karena perjuangan yang dilakukan kala itu adalah perjuangan untuk bangsa. "Tak ada persoalan pribadi disini, ini perjuangan untuk keadilan dan masyarakat banyak," tegasnya.

PIUS LUSTRILANANG

Pius Lustrilanang, mantan Sekjen Aliansi Demokrasi Rakyat (ALDERA) yang diculik oleh tim mawar Kopasus pada 4 Februari 1998. Sekarang ini menjadi salah satu Ketua di DPP Partai Demokrasi Pembaharuan (PDP).

Pius melihat, Soeharto sebagai figur yang dibenci sekaligus dikagumi. Membencinya, karena Soeharto terjebak pada pemusatan kekuasaan yang menghasilkan otoriterisme di seluruh bidang kehidupan. Namun, dia mengakui, Soeharto adalah figur yang tangguh, karena mampu melakukan konsolidasi kekuatan hingga bisa berkuasa 32 tahun. "Dia (Soeharto-red) harus diakui ahli bidang manajerial, dan taktik yang belum ada duanya, yang mungkin tidak dipunyai oleh pimpinan-pimpinan yang ada saat ini," ujarnya.

ADIAN NAPITUPULU

Mantan Ketua Forum Kota (Forkot) Adian Yunus Yusak Napitupulu pernah mengalami kekerasan fisik aparat selama periode 1996-1997 saat masih aktif sebagai Ketua Forkot dan Senat Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia (UKI). Saat ini menjabat Sekjen Perhimpunan Nasional Aktivis 98 (Pena 98).

Adian mengatakan, sulit melupakan dan memaafkan kesalahan Soeharto. Baginya, rakyat yang telah menjadi korban kekerasan rezim Orba harus mendapatkan haknya dalam bentuk pengadilan pada Soeharto. Yang memaafkan kesalahan Soeharto, kata Adian hanyalah elite politik. Tetapi sebagai korban rezim Orba, Adian mengaku sulit memaafkan kesalahan Soeharto.

Sumber : Investorindonesia.com/VM

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Wiadnyana Legawa 20 September 2019 - 06:51:50

Tuhan penolongku

0 Answer

Nur Ramadhani 18 September 2019 - 19:28:33

Tuliskan apa saja yg ada didalam diri anda?

0 Answer

Wang barry 18 September 2019 - 18:09:25

Bagaimana ketika kita menyerahkan persoalan kepada.. more..

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 3


7277

Banner Mitra September week 3