Proses Pembentukan Tuhan

Kata Alkitab / 22 January 2008

Kalangan Sendiri

Proses Pembentukan Tuhan

Admin Spiritual Official Writer
8636

Masa yang paling sukar dalam kekristenan adalah ketika kita masuk dalam tahap pembentukan Tuhan. Bukan ketika rumah tangga kita diambang kehancuran, bukan pula ketika penyakit kita tidak dapat disembuhkan lagi, atau ketika keadaan ekonomi kita goncang, karena biasanya justru pada saat-saat seperti itu kita menyerahkan hidup sepenuhnya kepada Tuhan.

Setiap orang tidak pernah menyesal pada saat bertobat, pada waktu dijamah oleh Tuhan, pada waktu diubahkan oleh Tuhan, pada waktu menerima keselamatan dari Tuhan. Penyesalan biasanya terjadi waktu kita mengalami proses dari Tuhan.

Billy Graham berkata to receive Christ cost nothing, to follow Christ cost something but to serve Christ cost everything.

Waktu kita memutuskan untuk mengikut Kristus, Allah mulai memproses kita. Yesus berkata: Barangsiapa yang tidak mau memikul salibnya, menyangkal dirinya, dia tidak layak bagi-Ku. Yesus juga berkata: Roh memang penurut tetapi daging lemah.

Mengapa Allah perlu memproses kita?

1. Karena Allah ingin kita mengandalkan DIA.
2. Karena berjalan dengan kekuatan sendiri itu berbahaya. Berjalan dalam kekuatan sendiri akan berakibat kejatuhan.

Alkitab berkata terkutuklah orang yang mengandalkan kekuatannya sendiri. Oleh karena itu kita harus kembali bergantung dengan Tuhan, karena kita mempunyai Tuhan yang tidak pernah mengecewakan kita.

Alkitab berkata: jika suatu rumah diusir roh jahatnya, maka rumah itu bersih, dan ketika setan mendapati rumah itu kosong dan bersih, maka setan akan membawa tujuh setan lagi untuk tinggal di rumah itu. Artinya orang Kristen yang sudah bertobat dan hidup setengah-setengah maka kondisinya akan lebih berbahaya.

Dalam Alkitab ditulis, yang berani menyangkal Kristus adalah Petrus dan Yudas, keduanya adalah murid Kristus dan sangat dekat dengan Kristus. Alkitab juga berbicara wanita yang berzinah dan diampuni dosanya oleh Yesus, maka wanita itu bertobat. Sementara Yudas selama 3,5 tahun mengiring Yesus, dan melihat Tuhan banyak membuat mujizat, tetapi hatinya telah menjadi batu. Ini berarti Yudas adalah orang yang bertobat dan menerima keselamatan tetapi tidak mau diproses oleh Tuhan.

Lewat hidup yang terproses, kehidupan kita akan menjadi kesaksian yang besar. Kadangkala kita tidak perlu bicara tetapi orang dapat melihat kuasa Kristus dalam hidup kita.

Hambatan Pembentukan

Hambatan-hambatan yang sering terjadi pada saat proses pembentukan oleh Tuhan :

1. Keras kepala dan keras hati.
2. Bersungut-sungut. Bersungut-sungut membuat kita melihat keadaan dari sisi yang negatif dan menakutkan.
3. Tidak sabar. Dalam menghadapi masalah sering kita ingin masalah kita cepat-cepat selesai, sedangkan Allah ingin menyelesaikan persoalan sampai tuntas. Tetapi Abraham dengan sabar menanti janji yang akan diberikan kepadanya.

Sumber: Pdt. Gilbert L

Halaman :
1

Ikuti Kami