Wanita yang Patut Diingat

Marriage / 14 January 2008

Kalangan Sendiri

Wanita yang Patut Diingat

prisca Official Writer
7006

Pernahkah anda mendengar perkataan:"laki-laki atau perempuan sama saja"? Apakah perkataan itu dapat dieprcaya seratus persen, ataukah hanya basa-basi? Paulus mengatakan:"Namun demikian, dalam Tuhan tidak ada perempuan tanpa laki-laki dan tidak ada laki-laki tanpa perempuan" (Korintus 11:11). Setiap insan membawa kodrat saat ia lahir ke bumi ini, entah ia laki-laki atau perempuan. Ada hal yang hanya dapat dilakukan oleh laki-laki; ada yang hanya dapat dikerjakan oleh perempuan; juga ada hal-hal yang dapat dikerjakan oleh kedua belah pihak. Di bawah ini ada satu perempuan yang patut diingat. Bagaimana mereka menjalani peran mereka sebagai wanita dan istri.

DEBORA (Hakim 4:4)

Pada masa hakim-hakim, orang Israel melakukan apa yang jahat di mata Tuhan. Lalu Tuhan menyerahkan bangsa israel ke dalam tangan Yabin, Raja Kanaan. Dua puluh tahun lamanya Yabin memerintah dan menindas umat Tuhan.

Oleh anugerah dan kemurahan-Nya Tuhan memilih seoran perempuan untuk menjadi hakim di Israel. Selain sebagai hakim, Debora juga adalah seorang nabiah dan seorang istri. Suaminya bernama Lapidot (Hakim 4:4). Hal yang patut diingat dari Debora antara lain:

Dapat mengatur waktu

Debora biasa duduk di bawah pohon korma antara Rama dan Betel di pegunungan Efraim, dan orang Israel menghadap dia untuk berhakim kepadanya (Hakim4:5). Ia juga ikut memimpin peperangan ke Kedesy bersama-sama dengan Barak (Hakim 4:9-10).

Setiap manusia memiliki waktu dua puluh empat jam dalam sehari, tujuh hari dalam seminggu, tiga puluh hari dalam sebulan. Orang tua atau orang muda, laki-laki atau perempuan, kaya atau miskin, bodoh atau berhikmat, semuanya punya waktu yang sama. Debora mesti mengatur waktunya untuk melakukan banyak hal. Menghakimi banyak perkara yang diajukan oleh bangsa Israel; memberikan dukungan kepada Barak dalam peperangan melawan orang Kanaan; memberikan perhatian yang sungguh-sungguh kepada lapidot, sebagai istri yang merupakan penolong bagi suaminya.

Paulus berkata, "Dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat" (Efesus 5:16). Ada orang yang merasa kekurangan waktu, sedangkan yang lain merasa kelebihan waktu sehingga hidup jadi membosankan. Ada orang yang suka membuang-buang waktu, yang lain mengisi waktunya dengan mengerjakan hal-hal yang tidak berguna (1Korintus 10:23)

Ada perbedaan yang jelas antara waktu dan uang. Uang yang "hilang" dapat dicari kembali; tetapi waktu yang telah "hilang"tidak mungkin didapatkan lagi. Penulis kitab Pengkotbah berkata: "ingatlah akan Penciptamu pada masa mudamu, sebelum tiba hari-hari yang malang dan mendekat tahun-tahun yang aku katakan, 'tak ada kesenangan bagiku di dalamnya" (Pengkotbah 12:10). Debora menggunakan waktunya untuk keluarganya, bangsanya, dan untuk Tuhannya sebegitu rupa, sehingga hidupnya menjadi bermakna dan berharga.

Dapat menundukkan diri

Siapakah Lapidot? Alkitab tidak memberikan penjelasan lebih jauh tentang suami Debora ini. Mungkin saja ia adalah seorang Israel biasa saja. Ia bisa saja seorang peternak, atau petani, atau pedagang. Sebaliknya, Alkitab berbicara banyak tentang Debora. Ia adalah satu-satunya hakim perempuan yang dicatat oleh Alkitab, seorang komandan perang (Hakim 4:14) yang pandai menyanyi (Hakim 5:1) dan disegani oleh bangsa Israel (Hakim 4:8).

Tentu tidak mudah bagi Lapidot untuk hidup "di bawah bayang-bayang istrinya". Jabatan, kedudukan, dan peranan istrinya begitu besar di mata umat Israel. Dan bagi Debora sendiri tentu sangat mudah untuk "meninggikan dirinya" di hadapan suaminya. Namun firman Tuhan mengatakan:" Hai istri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan, karena suami adalah kepala istri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat" (Efesus 5 :22-23). Di bagian lain, firman Tuhan mengatakan: " Hai istri-istri, tunduklah kepada suamimu, sebagaimana seharusnya di dalam Tuhan" (Kolose 3:18). Tunduk kepada suami adalah perintah Tuhan, dan sebagai seorang yang takut akan Tuhan, dapat diyakini bahwa itulah yang Debora lakukan.

 

Baca artikel berikutnya mengenai satu lagi wanita dalam Alkitab yang patut untuk diingat. Nantikan !

 

 

Sumber : warta sejati edisi 48
Halaman :
1

Ikuti Kami