Merdeka Untuk Mengampuni

Kata Alkitab / 12 January 2008

Kalangan Sendiri

Merdeka Untuk Mengampuni

Admin Spiritual Official Writer
6589

Pernahkah Anda berada dalam situasi di mana Anda harus mengampuni seseorang, tetapi Anda merasa tidak dapat melakukannya? Ingatkah Anda akan perasaan frustasi dan bingung karena Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan? Anda merasa jengkel dan sakit ketika bertemu kembali dengan orang tersebut?

Anda tahu bahwa Anda harus mengampuni. Mungkin Anda sering mendengar ayat-ayat ataupun pengajaran-pengajaran mengenai pengampunan. Anda tahu pentingnya mengampuni. Tetapi, Anda tidak tahu bagaimana Tuhan mau kita mengampuni. Dan ini membuat Anda bertanya: "Bagaimana caranya saya bisa bebas dan cepat mengampuni?"

Matius 18:23-27
Sebab hal Kerajaan Sorga seumpama seorang raja yang hendak mengadakan perhitungan dengan hamba-hambanya. Setelah ia mulai mengadakan perhitungan itu, dihadapkanlah kepadanya seorang yang berhutang sepuluh ribu talenta. Tetapi karena orang itu tidak mampu melunaskan hutangnya, raja itu memerintahkan supaya ia dijual beserta anak isterinya dan segala miliknya untuk pembayar hutangnya. Maka sujudlah hamba itu menyembah dia, katanya: Sabarlah dahulu, segala hutangku akan kulunaskan. Lalu tergeraklah hati raja itu oleh belas kasihan akan hamba itu, sehingga ia membebaskannya dan menghapuskan hutangnya.

Di perumpamaan ini Tuhan adalah raja dan kita adalah hambanya. Ayat ini adalah obat untuk penyakit tidak bisa mengampuni. Ketika kita fokuskan pikiran kita pada berapa banyak dosa kita (hutang kita) yang sudah dihapuskan, akan lebih mudah bagi kita untuk menghapuskan (mengampuni) dosa dan kesalahan orang lain. Dengan kata lain, Anda bisa cepat mengampuni orang dengan cara fokus akan pengampunan yang Tuhan sudah berikan khusus untuk Anda.

Anda tidak bisa memberi sesuatu yang Anda tidak punya. Anda pun tidak bisa mengampuni sebelum Anda yakin Anda sudah diampuni. Banyak orang, termasuk orang Kristen, yang fokus pada bagaimana cara mereka memberikan pengampunan. Mereka berdoa dan berdoa dan mencoba berbagai cara untuk mengampuni dan melupakan langkah pertama yang terpenting yaitu menerima pengampunan dari Tuhan.

Jadi, apakah Anda sudah membuat keputusan untuk mengampuni? Kalau belum, buatlah keputusan itu sekarang juga karena mengampuni orang lain tidaklah susah kalau Anda memfokuskan pikiran Anda kepada Tuhan, bukan diri Anda sendiri atau orang yang menyakiti Anda.

Doa kepada Tuhan sesuai Efesus 3:18. Minta Dia untuk membuat Anda memahami lebarnya, panjangnya, tingginya dan dalamnya kasih Kristus. Minta pada Tuhan hati yang mengerti seberapa besar dosa Anda yang telah Ia ampuni. Fokuskan pikiran dan emosi Anda pada harga yang Ia telah bayar untuk mengampuni Anda: ingat bagaimana Ia dicambuk dan menderita di kayu salib buat Anda. Semuanya menunjukkan pengampunan-Nya yang luar biasa besar bagi Anda. Akibatnya, tidak sulit bagi Anda untuk mengampuni.Tuhan mau Anda merdeka untuk mengampuni orang lain.

Dalam kasih-Nya

Maria Magdalena Ministry
www.mmmindo.org
Copyright 2007
Halaman :
1

Ikuti Kami