Google Saingi Microsoft dan Symbian

Entertainment / 6 January 2008

Kalangan Sendiri

Google Saingi Microsoft dan Symbian

Tammy Official Writer
3449
Google menggemparkan industri ponsel dunia ketika untuk pertama kalinya memperlihatkan system operasi untuk ponsel. Sistem operasi yang dinamakan Android ini rencananya akan dirilis pada kuartal ke dua tahun 2008. Android OS nantinya akan berkompetisi langsung dengan pemimpin besar Symbian OS dan Windows Mobile "Photon" milik Microsoft yang akan dirilis pada tahun 2008.

Google Software Development Kit (SDK) juga telah hadir untuk mendukung para pengembang software agar dapat menciptakan berbagai macam aplikasi untuk Android. Bandingkan dengan Apple yang tidak akan membuka selubung OS X mobile sebelum Februari 2008 dengan alasan keamanan. Dengan Google SDK, para pengembang software dapat menambah kemampuan Android berbasiskan fitur user contacts, calendar, dan lokasi geografis.

Android juga sudah mempunyai dukungan kuat dari berbagai vendor besar. Sebanyak 34 perusahaan telah membentuk "Open Handset Alliance" yang akan bekerjasama dengan Google untuk mengembangkan Android. Tidak ketinggalan vendor raksasa seperti T-Mobile, HTC, Qualcomm, dan Motorola berada di belakang Google dengan tujuan menjadikan Android sebagai pesaing terbesar Windows Mobile, Symbian, bahkan OS X.

Dengan terjunnya Google ke arena telekomunikasi, khususnya ponsel, banyak yang berspekulasi kapan Google akan mengambil alih pasar Windows OS. Setelah Google memiliki segalanya, perusahaan berita, sebuah proyek digital trans-Pacific, proyek ke Bulan sebesar US$30 juta, YouTube dan kerjasama dengan Myspace, jadi kenapa tidak mengganggu pasar Microsoft dengan merilis OS untuk komputer desktop ?

 

Berikut, simak review mengenai Google Android :

Halaman :
1

Ikuti Kami