Awali Tahun Baru Dengan Hidup Baru

Psikologi / 1 January 2008

Kalangan Sendiri

Awali Tahun Baru Dengan Hidup Baru

Lestari99 Official Writer
7635

Mengawali hal baru di tahun baru bukan sesuatu yang mutlak harus dilakukan. Namun meninggalkan kenangan dan peristiwa-peristiwa buruk di tahun 2007 dan kembali mengawalinya dengan semangat yang baru pasti bisa menjadikan hari-hari Anda di tahun 2008 semakin penuh warna. Resolusi 2008 mungkin sudah Anda rancang sebelumnya, namun tak ada salahnya mencermati beberapa langkah berikut yang bisa menyegarkan kembali hidup Anda, sekaligus membawa perbedaan yang lebih berarti dibanding tahun lalu. Jangan terpatok pada urutan, Anda bisa mengawalinya dari mana saja dan sambut tahun baru yang lebih cerah dan sukses.

1. Senyum

Jika tahun lalu Anda termasuk pribadi yang pelit tersenyum, ayo mulai tahun ini awali dengan senyum. Beri senyum dan sapalah orang-orang yang kerap Anda jumpai setiap hari. Jangan ragu tersenyum pada supir bus, pada teman kantor yang pemalu, pada saingan Anda di kantor. Ketahuilah setiap orang senang mendapat perhatian ekstra, meskipun hanya sepotong senyum.

2. Perhatikan Kesehatan

Luangkan waktu untuk mengolah tubuh. Jika Anda bukan tipe yang suka berolahraga, ajak teman atau orang terdekat Anda untuk melakukan olahraga bersama. Jadikan tahun ini lebih bugar dari tahun sebelumnya.

3. Bebaskan Kreativitas

Menggambar, melukis, menulis, belajar musik, membuat lagu atau hanya menulis sepenggal puisi akan lebih mewarnai hari-hari Anda di tahun ini.

4. Bersikap Manis Pada Lawan

Mungkin sulit, namun sekali Anda melakukannya Anda akan merasakan betapa Anda telah membuat hidup jadi lebih menyenangkan. Lebih baik banyak teman daripada banyak musuh bukan?

5. Belajar Mendengar

Membuka telinga lebar-lebar adalah kunci komunikasi yang sukses. Bila tahun lalu Anda termasuk pribadi yang suka membicarakan diri sendiri, jadi mulai sekarang belajarlah lebih mendengarkan orang lain.

6. Jangan Pelit Memberi Pujian

Beri pujian pada siapapun yang Anda kenal. Pujian yang tulus akan membuat hubungan Anda semakin indah.

7. Menerima Pujian

Menolak pujian dengan maksud ingin merendah akan membuat si pemberi pujian salah tingkah, bahkan mereka akan berpikir apa yang mereka katakan adalah sesuatu yang salah. Jadi terimalah pujian itu, karena memang Anda layak mendapatkannya.

8. Tepat Waktu

Jangan pernah salahkan jam atau arloji Anda. Belajarlah mulai menghargai waktu dan membuang kebiasaan 'ngaret' di tahun lalu.

9. Jangan Takut Bilang Tidak

Jangan ragu bilang YA atau TIDAK, jika memang itu maksud Anda. Jangan pernah takut mengatakannya karena teman yang tidak bisa menerima jawaban TIDAK bukanlah teman sejati.

10. Nikmati Indahnya Jalan Kaki

Jalan kaki adalah rekreasi yang murah dan menyenangkan. Mulailah kenali dan jelajahi kota Anda, sepele mungkin, tapi bisa jadi Anda merasa asing di kota sendiri. Ada banyak pemandangan tak terduga yang bisa Anda jumpai saat berjalan ketimbang naik kendaraan yang selalu Anda lakukan tahun lalu.

11. Mulai Menabung

Amankan diri Anda mulai awal tahun ini secara finansial. Jika tahun lalu Anda gagal meraih sesuatu jadikan tahun ini target dari mimpi Anda, jangan pernah malas menabung.

12. Tulislah Hari Anda

Tertawalah, menangislah, marahlah, mengeluhlah dan keluarkan semua unek-unek Anda dengan sebuah tulisan. Jadikan hal ini sebagai sebuah rutinitas. Buku harian tak pernah menghakimi Anda, namun dia justru membantu Anda lebih mengenal diri sendiri.

13. Tambah Ilmu

Bacalah lebih banyak buku. Cobalah baca jenis buku yang belum pernah Anda baca sama sekali, karena hal baru selalu memberi Anda banyak ilmu dan pelajaran. Jangan ragu menjelajahi buku loakan.

14. Tata Kembali Kamar Anda

Pindah posisi ranjang, meja rias, almari dan perabot di kamar Anda. Ganti tirai dengan warna yang lebih cerah, pilih lampu-lampu kalem dan catlah kamar Anda dengan warna yang Anda sukai.

15. Berkebun

Berkebun adalah cara asyik untuk belajar merawat kehidupan dan mengamatinya tumbuh. Luangkan waktu Anda untuk lebih peduli dengan lingkungan kecil Anda, dijamin Anda akan menemukan kedamaian di dalamnya. Jika Anda tak punya kebun, cobalah menaruh pot di dekat jendela.

16. Piknik Bersama

Tak perlu harus mewah-mewah sampai ke Venesia, cukup berkemah, menggelar tikar di teras rumah atau barbeque di halaman belakang rumah bersama sobat dan pasangan terkasih cukup mujarab mengobati kejenuhan rutinitas Anda setiap hari.

17. Kunjungi Teman Lama

Pasti sangat menyenangkan mengunjungi kerabat atau teman yang sudah lama tak berjumpa. Mereka akan sangat gembira menerima kunjungan tak terduga. Anda bisa bernostalgia dan saling berbagi pengalaman hidup.

18. Ciptakan Kenangan Baru

Rancang sebuah hari yang menyenangkan dan penuh kenangan. Ajak sahabat melakukan petualangan bersama dan ciptakan hari yang tak akan bisa Anda lupakan bersama sobat atau pasangan.

19. Koreksi Diet Anda

Lapar memang menyebalkan, namun sudahkan kerja keras Anda membuahkan hasil? Coba koreksi kembali diet yang Anda jalani selama ini. Jangan menyiksa diri sendiri, cobalah menerima keadaan diri dan mulai memperbaikinya dengan perlahan. Tetap makan makanan yang bergizi dan olahraga secara teratur akan membuat Anda lebih sehat dan bahagia.

20. Lakukan Satu Hal Baru Setiap Hari

Patahkan rutinitas, lakukan satu hal baru setiap hari walaupun itu sederhana. Kalau biasanya Anda naik angkot ke pasar sekarang cobalah untuk berjalan kaki, mencoba jenis-jenis makanan baru. Warnai hari-hari Anda dengan sebuah perubahan, meskipun kecil nilainya. Happy New Year 2008!

Sumber : Sumber: kplg
Halaman :
1

Ikuti Kami