Bicara Uang….

Bicara Uang….

yosefel Official Writer
3471
 

JAWABAN.com - Saatnya berpikir tentang keuangan!! Banyak orang yang mengira bahwa keadaan keuangannya baik-baik saja, padahal air sudah mulai sampai ke leher dan bahaya sudah mengancam. Berikut tanda-tanda bahwa ada sesuatu yang sangat salah dalam keadaan keuangan anda dan ada sesuatu yang sudah mulai harus anda lakukan untuk mengatasinya:

1. Anda mulai tak sadar akan pengeluaran anda
Baru habis gajian, kok uang sudah habis lagi? Lalu habisnya kemana? Jika uang anda selalu lenyap dan anda tidak tahu perginya kemana, anda sudah mulai harus hati-hati.

2. Anda menghemat untuk kebutuhan pokok
Jika anda sering menemukan diri anda berada pada situasi dimana memegang uang dalam jumlah ‘cukup' adalah jarang sehingga untuk belanja kebutuhan pokok sehari-hari saja anda harus ekstra berhemat, anda mulai harus hati-hati.

3. Anda menghabiskan uang yang tidak anda punya
Jikalau anda selalu menghabiskan uang yang belum mauk kantong anda, dengan berpikir untuk menggantinya dengan gaji bulan depan atau bonus yang baru akan diserahkan pada anda di akhir bulan, atau pada uang lembur yang baru anda terima besok pagi, anda harus mulai hati-hati.

4. Anda mulai belanja dengan kartu kredit
Anda mulai memakai kartu kredit untuk belanja ini itu dimana biasanya anda memakai uang tunai. Dan ketika saatnya membayar, anda menjadi sangat kewalahan dan nunggak lagi. Dalam keadaan inikah anda? Anda harus hati-hati.

5. Anda berhutang dimana-dimana
Anda menemukan diri anda terlilit hutang dimana-mana. Di kantin, di warung, di teman-teman terdekat bahkan di anggota keluarga anda sendiri, atau lebih parahnya di bank. Dan anda tidak punya ide detik ini untuk bagaimana melunasi semuanya. Ini tanda bahwa anda harus hati-hati.

6. Anda meminjam untuk bayar hutang
Jika anda harus meminjam lagi untuk menutup hutang-hutang anda, ini tanda anda harus sangat berhati-hati karena artinya anda tidak lagi punya sumber keuangan yang bisa memberi dana segar.

7. Anda mulai mengorek tabungan
Tadinya tabungan merupakan sesuatu yang tidak boleh tersentuh. Namun karena banyak alasan mendesak, anda mulai mengambil dari tabungan tak tersentuh itu. Sedikit demi sedikit dan sedikit sehingga lama-lama menjadi bukit. Anda harus hati-hati.

Sekarang setelah anda tahu beberapa hal yang membuat anda harus mulai berhati-hati, ini saatnya anda mengubah keadaan keuangan anda.

1. Bayar semua hutang anda sebelum mulai menabung
Hutang akan menghancurkan hidup anda di akhir cerita. Jangan bermimpi untuk menabung jika anda masih punya banyak hutang. Karena itu, sebisa mungkin selesaikan hutang anda dulu karena hutang akan terus menjebak anda untuk masuk dalam masalah.

2. Lupakan dulu kartu kredit
Sebisa mungkin jangan pernah belanjakan kartu kredit anda. Bawa uang tunai kemana-mana dan lupakan dulu kalau anda pernah memiliki kartu kredit.

3. Tentukan tujuan anda
Sebaiknya anda mulai memotivasi diri anda untuk mengatur uang dengan cara memiliki tujuan akan dikemanakan uang yang anda miliki. Ingin membuat usaha? Ingin berlibur? Ingin beli mobil atau rumah? Ingin menikah? Semua tujuan ini akan membantu anda berpikir dan menjadi bijaksana serta berhati-hati dalam membelanjakan uang anda.

4. Mulai buat rincian budget
Daripada nantinya anda mendapatkan diri anda bangkrut dan dililit hutang yang lebih banyak, lebih baik anda mulai belajar membuat daftar budget. Terserah bentuknya seperti apa, tapi berbentuk tabel pemasukan dan pengeluaran yang jelas secara rinci. Ini akan sangat membantu anda untuk memanajemen uang anda.

5. Belajar untuk tidak boros
Jika anda suka membeli benda-benda tidak perlu atau suka mentraktir orang lain sampai kelewat batas, atau suka makan di luar ke tempat-tempat mahal, ini saatnya berubah demi kebaikan sendiri. Anda yang tahu diri anda dan anda yang tahu bagian mana dari diri anda yang harus segera berubah.

6. Mulailah menabung
Tidak perlu penjelasan lebih lanjut, usahakan dari penghasilan anda ada yang ditabung. Disiplinkan diri anda sendiri menyangkut yang satu ini. Mulailah mengantri di bank!

7. Ingat prinsip dasar
Berilah maka engkau akan diberi. Ada orang yang selalu kurang karena mereka lupa memberi perpuluhan atau menjadi orang pelit yang tidak pernah memberi pada orang lain. Hidup dengan prinsip dasar keuangan yang benar, bisa lho mengubah kehidupan keuangan seseorang!

Halaman :
1

Ikuti Kami