Merdeka Dari Masalah Keuangan

Investment / 28 December 2007

Kalangan Sendiri

Merdeka Dari Masalah Keuangan

yosefel Official Writer
4407
 

JAWABAN.com - Melanjutkan pembahasan kita untuk dapat merdeka dari masalah keuangan, kita akan masuk dalam solusi mengatasi persoalan tersebut. Hal-hal yang perlu kita siapkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah :

Mulailah Kebiasaan Menabung. Solusi terbaik untuk mengatasi masalah keuangan adalah dengan menabung. Setiap anggota keluarga harus dibiasakan menabung bukan dibiasakan jajan. Bila setiap anggota keluarga sudah memiliki semangat untuk menabung, maka sudah dapat dipastikan anda akan keluar dari masalah keuangan. Usahakan anda menabung lebih besar dari jumlah inflasi yang terjadi. Usahakanlah untuk disiplin dalam menabung dengan menyisihkan 10%-15 % penghasilan anda. Tetapi, jangan cepat-cepat mengambil tabungan kecuali anda memang benar-benar perlu.

Manajemen Keuangan. Keluar dan masuknya uang perlu sekali untuk di manage sehingga anda tidak mengalami "lebih besar pasak daripada tiang". Catatlah semua pengeluaran rutin yang wajib anda bayarkan. Siapkan juga pengeluaran yang tidak rutin tetapi ingatlah jangan pernah pengeluaran lebih besar dari gaji anda. Disiplinlah dengan anggaran yang anda buat jangan coba untuk melanggarnya karena hanya akan membuat keluarga anda kesulitan.

Minimalkan Pinjaman. Ingatlah berhutang bukanlah solusi untuk mengatasi masalah keuangan apalagi bila kita tidak tahu harus bayar dengan dana darimana. Jika anda terpaksa meminjam, anda harus tahu betul bahwa anda mempunyai kemampuan untuk membayarnya kembali. Bila tidak hutang hanya akan menjadi tali yang menjerat leher anda dan keluarga. Ingatlah besarnya cicilan hutang anda jangan pernah melebih 1/3 dari penghasilan anda. Para ahli keuangan sudah memperkirakan bahwa anda dan keluarga membutuhkan 2/3 pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Bayarlah hutang anda dan kredit anda semakin cepat anda bayar dan lunasi akan semakin baik. Jadi jangan coba menahan karena hanya akan membuatnya bertambah lebih besar lagi.

Wirausaha. Membuka toko kecil, berjualan makanan, atau berdagang pakaian adalah jenis-jenis usaha yang banyak dilakukan keluarga untuk menambah pendapatan. Modalnya dari mana? Bisa dari tabungan ditambah dengan THR yang diterima. Bukalah usaha entah itu usaha yang berasal dari hobi anda seperti membuat tas dari mute-mute, menjual ikan hias jika anda suka ikan, dan sebagainya. Carilah usaha yang modalnya kecil tetapi dapat memperoleh keuntungan yang lumayan sehingga dapat menambah pendapatan.

Milikilah Asuransi. Tidak semua asuransi mempunyai premi yang mahal, apalagi ditengah persaingan dewasa ini. Milikilah assuransi yang sifatnya seperti menabung tetapi tetap memberikan proteksi/perlindungan. Sebab, anda tidak pernah tahu kapan anda dan keluarga sakit atau membutuhkan bantuan tetapi bila sudah di proteksi anda bisa lebih tenang. Jadi, sisihkan uang anda untuk assuransi dan bila suatu waktu anda membutuhkannya anda bisa memperoleh manfaatnya. Selamat mencoba dan merdeka!

Halaman :
1

Ikuti Kami