Ibu Lakukan Operasi Sesar Sendiri Dengan Pisau Dapur

Ibu Lakukan Operasi Sesar Sendiri Dengan Pisau Dapur

Lestari99 Official Writer
10001

Seorang wanita melahirkan bayi sehat setelah melaksanakan sendiri operasi sesar dengan pisau dapur.

Diduga ini merupakan kasus pertama yang diketahui, di mana operasi sesar dilakukan sendiri dan ibu serta bayi selamat.

Wanita berusia 40 tahun yang tidak disebutkan jati dirinya itu, bermukim di kawasan pedesaan Meksiko tanpa listrik atau aliran air, dan delapan jam jaraknya dengan rumah sakit terdekat.

Jurnal Internasional Ginekologi dan Obstetrik melaporkan kasus ini.

Wanita tersebut melaksanakan sendiri operasi ketika dia tidak bisa melahirkan secara alamiah. Sewaktu dia melahirkan sebelum ini, bayinya meninggal karena kesulitan dalam mendorong dari kandungan.

Minuman keras

Dr R Valle dari rumah sakit Dr Manuel Velasco Suarez di San Pablo, Meksiko, mengatakan : "Dia menenggak tiga gelas kecil minuman keras dan, dengan menggunakan pisau dapur, kemudian membelah perutnya tiga kali dan lahirlah bayi laki-laki yang langsung bernafas dan menangis."

Kasus ini memperlihatkan keputusan yang luar biasa oleh seorang wanita yang akan melahirkan

Sebelum kehilangan kesadaran, wanita itu mengatakan kepada salah seorang anaknya untuk menelepon seorang perawat setempat dan meminta bantuan.

Setelah perawat itu menjahit luka dengan sebuah jarum kain dan benang katun, si ibu dan bayi dipindahkan dan dirawat oleh Dr Valle serta para koleganya di sebuah rumah sakit terdekat.

"Kasus ini memperlihatkan keputusan yang luar biasa oleh seorang wanita yang akan melahirkan, yang tidak mampu melahirkan sendiri, tanpa bantuan medis dan tak punya uang, kemudian memutuskan untuk melakukan sendiri operasi sesar," kata dokter itu.

Sumber : bbcindonesia.com

Ikuti Kami