Banyak Biji Banyak Manfaat

Solusi Sehat / 1 December 2007

Kalangan Sendiri

Banyak Biji Banyak Manfaat

Lestari99 Official Writer
11488

Siapapun pasti mengenal jambu biji atau jambu batu atau kerap kali juga dipanggil jambu kluthuk ini. Buah yang banyak tumbuh di pekarangan rumah ini kerap menjadi buah yang banyak dicari setiap kali terjadi wabah demam berdarah karena diyakini dapat meningkatkan sel darah putih. Namun bukan hanya sekedar itu, buah dengan nama latin Psidium guajava ini memiliki manfaat lain bagi kesehatan seperti meredam diabetes milletus, maag, diare, sakit kulit sampai masuk angin.

Berikut manfaat jambu biji selengkapnya:

Diabetes Mellitus

Untuk menghambat penyakit diabetes mellitus cobalah 1 buah jambu biji setengah masak yang dibelah menjadi empat bagian dan direbus dalam satu liter air sampai mendidih. Ambil airnya setelah disaring dan minum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Maag

Untuk mengobati maag atau sakit lambung, cobalah ambil 8 lembar daun jambu biji yang masih segar. Rebus dengan 1,5 liter air sampai mendidih, saring dan ambil airnya untuk diminum 3 kali sehari, pagi, siang dan sore.

Sakit perut

Anda mencret atau diare? Daripada menggunakan obat warung, kenapa tidak mencoba obat tradisional dengan mengambil 5 lembar daun jambu biji, 1 potong akar, kulit dan batangnya. Rebus dalam 1,5 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya. Minum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Masuk angin

Untuk mengobati masuk angin, ambil 10 lembar daun jambu biji yang masih muda, 1 butir cabe merah, 3 mata buah asam, satu potong gula kelapa, garam secukupnya. Rebus semua bahan dalam 1 liter air sampai mendidih. Saring untuk diambil airnya dan minum 2 kali sehari.

Sariawan

Untuk mengobati sariawan, sisihkan segenggam daun jambu biji, 1 buah jambu potong kulitnya. Rebus dalam 2 gelas air hingga mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya dan minum 2 kali sehari.

Sumber : berbagai sumber/gizi
Halaman :
1

Ikuti Kami