I Hate You!!

I Hate You!!

Admin Spiritual Official Writer
      8227
Yakobus 3:5
Demikian juga lidah, walaupun suatu anggota kecil dari tubuh, namun dapat memegahkan perkara-perkara yang besar. Lihatlah, betapapun kecilnya api, ia dapat membakar hutan yang besar.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti akan mengalami yang namanya konflik dengan orang lain. Karena dimanapun kita berada, kita harus berhubungan dan bekerja sama dengan banyak orang yang berbeda cara pandang, karakter dan nilai yang dianut. Kebanyakan konflik biasanya dimulai dari hal-hal yang sepele. Tapi seringkali konflik ini semakin meluas dan berkembang seiring dengan mulut kita yang mulai menyebarkan kisah kekesalan hati kita kepada rekan-rekan kerja yang lain. Mungkin kita melakukannya dengan alasan curhat ataupun untuk meminta pendapat, tapi seringkali yang terjadi adalah kita meminta dukungan rekan kerja yang lain untuk membenarkan sikap kita dan menyalahkan pihak yang memiliki konflik dengan kita.

Dalam salah satu buku mengenai manajemen konflik, ada satu tips yang dianjurkan bagi mereka yang terlibat konflik ini, yaitu ‘menutup mulut'. Maksudnya ialah untuk memberi waktu kepada diri kita melihat kembali konflik yang sudah terjadi dari berbagai sisi karena mungkin ada alasan tertentu yang menyebebkan konflik ini. Perbedaan cara pandang atau temperamen juga bisa menyebabkannya. Dan seringkali dalam hal ini tidak ada pihak yang benar atau salah. Dengan berdiam diri kita juga akan memiliki waktu untuk meredakan emosi dan menjaga mulut kita dari perkataan yang tidak membangun, memfitnah atau bergosip. Karena memang hal itu tidak akan menyelesaikan masalah.

Daripada mengumbar kekesalan dan kemarahan, lebih baik salurkanlah energi yang kita miliki untuk melakukan pekerjaan dengan lebih baik lagi. Ketika kita berhasil menguasai mulut kita, maka kita terhindar dari masalah yang lebih besar lagi.

Jadilah tenang di setiap konflik yang ada.

Ikuti Kami