Membesarkan Anak Di Dunia yang Penuh dengan Tantangan

Parenting / 17 November 2007

Kalangan Sendiri

Membesarkan Anak Di Dunia yang Penuh dengan Tantangan

prisca Official Writer
3327
Membesarkan anak di budaya jaman sekarang tidaklah mudah. Tidak diragukan lagi kalau gaya kita mendidik anak dipengaruhi oleh dunia tempat kita tinggal. Sungguh dunia yang luar biasa! Kita perlu membantu anak kita menghadapi narkoba, seks, film, televisi, video games, internet, terorisme, dan perang. Rasanya bisa membuat kita merasa sangat kewalahan sekali sebagai orang tua harus memperlengkapi anak remaja kita alat-alat yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan yang saleh di dunia yang tidak saleh ini. Berikut 10 langkah tindakan, menurut ahli pelayanan anak muda Doug Fields, yang para orang tua bisa lakukan untuk membesarkan anak yang sehat di budaya seperti sekarang ini .

1. Tetaplah percaya pada mereka.

Keyakinan dan nilai-nilai yang anak anda akan bawa hingga dia dewasa sangat tergantung pada contoh yang mereka lihat pada orang tua mereka di rumah. Sangatlah kritis untuk mengetahui dan yakin bahwa sebagai orang tua, tindakan, nilai-nilai, dan kepercayaan anda akan memiliki pengaruh yang paling besar di kehidupan anak anda yang sedang beranjak dewasa. Pengaruh orang tua adalah panggilan tertinggi.

2. Hadirlah di kehidupan anak-anak anda.

Kehadiran dalam kehidupan anak anda dieja dengan w-a-k-t-u. Salah satu faktor yang memberikan kontribusi terbesar untuk kesehatan anak-anak adalah kehadiran orang tua di kehidupan anak mereka. Beberapa orang tua memiliki teori bahwa yang penting adalah quality time daripada quantity time, yang artinya lebih baik waktu bertemu dengan anak yang berkualitas walau jarang, daripada jumlah waktu pertemuan yang banyak. Orang tua seperti ini adalah salah. Para orang tua harus memprioritaskan dan mengatur ulang jadwalnya untuk ada bagi anak-anaknya. Saat mereka bertambah besar, anak anda tidak akan peduli kalau anda bekerja lebih keras sehingga mereka bisa memiliki mobil yang bagus atau tinggal di rumah yang lebih besar. Yang mereka akan pedulikan adalah seberapa banyak waktu yang anda habiskan dengan mereka!

3. Buatlah kenangan dengan mereka.

Hidup kita adalah musium memori-memori yang memberikan sumbangan jadi siapa kita pada saat ini. Itulah sebabnya kuncinya adalah berusaha untuk menciptaklan kenangan-kenangan indah untuk anak-anak kita. Anak yang baik adalah anak yang memiliki kenangan yang indah. Ini bukannya berarti kehidupan anak kita tidak akan memiliki kenangan yang buruk. Tapi, sebagai imbangannya, kenangan indah merupakan senjata ampuh untuk mengalahkan kenangan buruk. Jadi, bangun tradisi keluarga yang indah misalnya pada saat libur, perayaan ulang tahun atau rekreasi. Buatlah kenangan untuk keluarga anda dengan menciptakan petualangan baru untuk mereka. Patenkan kenangan ini dengan memastikan untuk mengabadikannya melalui foto, video dan melalui tulisan pada jurnal atau surat.

4. Berikan mereka dorongan.

Dorongan atau dukungan merupakan makanan bagi jiwa kita, dan kita semua sangat menginginkannya. Anak-anak kita butuh dukungan juga. Kata-kata sangat berkuasa. Perkataan bisa membangun rasa percaya diri atau sebaliknya bisa menghancurkan. Perkataan orang tua memiliki pengaruh yang lebih lama. Belajarlah untuk menjadi seseorang yang memberikan dorongan. Apabila anda melihat mereka melakukan sesuatu yang abik, maka ambillah kesempatan untuk menyinggung hal tersebut di hadapannya, katakan padanya bahwa dia telah melakukan sesuatu yang baik! Sebagai tambahan, pastikananda melakukan lebih dari sekedar mendorong hanya pada sesuatu yang dia kerjakan dengan baik. Anak-anak gagal dan membuat kekacauan berulang kali. Carilah cara untuk mendorong anak anda, walaupun mereka gagal. Mendorong atau mendukung melebihi perbuatan mereka berarti menyampaikan bahwa anda mencintai dan menghargai anak anda walau mereka membuat kekacauan.

5. Jadilah teladan yang bersikap positif dan perhatian.

Anda adalah teladan bagi anak anda dalam menjalani hidup. Yakinlah bahwa mereka memperhatikan anda. Mereka tahu apa yang anda katakan dan bagaimana anda mengatakannya. Mereka tahu bagaimana anda memperlakukan orang. Mereka mengetahui bagaimana anda merespon terhadap konflik. Anak-anak membutuhkan anda untuk menetapkan standar untuk bersikap positif dan perhatian dalam menjalani kehidupan. Mereka membutuhkan integritas anda dan mereka membutuhkan anda untuk menetapkan langkah pada saat berbicara mengenai iman. Anak anda tahu bahwa anda tidak sempurna., jadi tidak ada tekanan untuk berlaku sempurna. yang anak anda butuhkan adalah orang tua yang mendemonstrasikan apa artinya menkadi seseorang yang mencintai dan mengikuti Tuhan, meskipun mereka memiliki kelemahan.

6. Berikan mereka disiplin dan batasan.

Berbicara mengenai memberikan anak anda batasan dan disiplin yang konsisten adalah berbicara mengenai bimbingan, bukan hukuman. Batasan dan disiplin adalah hasil dari cinta. Memberikan anak-anak terlalu banyak kebebasan dan tidak membuat mereka bertanggung jawab atas tindakan mereka tidaklah menunjukkan cinta. Saat mendisiplinkan mereka, bersikaplah lembut. Jangan menerapkan disiplin dalam amarah.

 

7. Berikan mereka kasih sayang.

Anak yang sehat secara emosional adalah anak yang dicurahkan banyak kasih sayang yang benar. Anak-anak yang tidak mendapat kasih sayang yang cukup dari orang tuanya akan berpaling mencari kasih sayang dari sumber lain yang salah. Dan ada banyak kasih sayang yang salah di bduaya jaman sekarang. Sayangnya, anak-anak yang kebutuhan kasih sayangnya terpenuhi dengan cara yang salah, seringkali menjadi jauh secara emosional, bukan menjadi sehat secara emosional. Jika anda bukan tipe orang tua yang penuh kasih sayang, lupakanlah! Belajarlah untuk menjadi orang tua yang penuh kasih sayang. Itu sangat penting untuk kesehatan anak anda!

 

8. Kembangkanlah rasa tanggung jawab dalam diri mereka.

Para orang tua ingin anak mereka tumbuh menjadi seseorang yang bertanggung jawab dan berguna. Sayangnya, seringklai tanpa disengaja kita justru mengajari mereka menjadi tidak bertanggung jawab. Kita membiarkan anak-anak kita menjadi seseorang yang menyedihkan dengan terlalu cepat menyelesaikan masalah mereka. Kita membiarkan anak-anak lari dari tanggung jawab mereka dengan menyalahkan orang lain. Dan kita lambat dalam memaksa anak kita untuk menanggung beban mereka sendiri. Penyelesaiannya adalah dengan tidak menyelamatkan mereka dari masalahnya. Tentu saja, ada kalanya kita harus menolong mereka, tapi apda realitanya saat-saat seperti itu sangatlah jarang. Kita harus membiarkan anak kita bergulat dengan konsekuensi. Setiap kali kita menolong mereka dari kesalahannya, mereka tidak pernah belajar untuk bertanggung jawab atas diri mereka sendiri dan mereka tidak perlu mengalami konsekuensinya. Belajar dari kesalahan adalah jalan yang baik menuju tanggung jawab dan hikmat.

9. Jadilah seseorang yang menyenangkan.

Pada kitab Pengkotbah dikatakan: Salah satu irama yang yang diperlukan oleh hidup adalah tawa dan tarian. Apabila anda ingin mengetahui hidup sepenuhnya, jika anda ingin sepenuhnya hidup berkelimpahan, penuh arti, penuh sukacita anda membutuhkan tawa dan tarian di hidup anda. Itu adalah irama yang dibutuhkan oleh hidup. Anak-anak generasi ini benar-benar pebuh dengan tekanan. Sehingga ketika mereka melihat orang tuanya menyuntikkan kegembiraan dan tawa pada kehidupan, hal itu membantu mereka melepaskan ketegangan yang mereka rasakan. Kadi, ringankanlah mood  di rumah anda. Bersenang-senanglah dengan hidup dan keluarga yang Tuhan telah berikan kepada anda.

10. Berikan mereka rumah yang damai.

Anak anda tidak membutuhkan rumah yang sempurna, tetapi untuk bertumbuh pesat mereka membutuhkanrumah yang penuh dengan kedamaian. Anak-anak telah berjuang sepanjang hari. Mereka berperang melawan bully, tekanan dan imej tubuh dan penyesuaian diri. Di dunia anak remaja anda, ada peperangan yang berlangsung terus menerus. Mereka butuh untuk pulang ke rumah dimana mereka dapat bersembunyi dan melepaskan perlengkapan perang mereka dan menjadi tempat perlindungan dimana mereka bisa menjadi diri mereka sendiri. rumah anda haruslah menjadi satu tempat dimana anak anda merasa benar-benar aman; dimana mereka dapat dicintai dan dikenal dan disayang.

 

Sumber : www.cbn.com
Halaman :
1

Ikuti Kami