Kunci Jitu Keluar Dari Krisis

Kata Alkitab / 6 November 2007

Kalangan Sendiri

Kunci Jitu Keluar Dari Krisis

Admin Spiritual Official Writer
8431

Kita mungkin tidak memiliki gambaran lengkap dari rencana-rencana bagi hidup kita. Akan tetapi jika kita melihat Firman, maka kita akan temukan di sana pola-pola dimana kita bisa belajar apa yang bisa kita miliki dan lakukan dalam Kristus. Setiap orang percaya akan mengalami krisis - yang akan mengoncangkan keagamawian, kenyamanan kita.

Firman Tuhan berkata di Yesaya 50:10; bahwa orang kristen dewasa pun akan mengalami apa yang dinamakan kegelapan dimana dalam perjalanannya dia tidak melihat adanya cahaya terang. Ini adalah kondisi dimana sedikitpun tidak ada harapan dan keadaan yang membingungkan, bila kita hidup dalam kegelapan dan tidak ada cahaya yang bersinar, keadaan ini menujukkan kita sedang ada dalam krisis.

Siapa di antaramu yang takut akan TUHAN dan mendengar suara hamba-NYA? Jika ia hidup dalam kegelapan dan tidak ada cahaya bersinar baginya, baiklah ia percaya kepada nama TUHAN dan bersandar kepada Allahnya!

Tuhan ingin kita percaya kepada Nama-NYA dan bersandar kepada Dia, sebab Tuhan kita adalah Jehova Shaloom - Dia yang menjadi Damai-Nya kita, Jehova Sabaoth - Pembebas yang kuat bagi kita. Satu hal yang saya renungkan di sini adalah kita tidak memperoleh kekuatan untuk menghadapi krisis tetapi kita memperoleh kekuatan dari krisis yang kita hadapi.

Tuhan dapat memakai kebinggungan kita ataupun krisis yang kita hadapi sesungguhnya untuk membawa kita ke titik sampai kita dapat mengambil keputusan yang akan membuat berkat datang dalam hidup kita (Ayub 10:15). Semua potensi yang ada di dalam kita yang belum keluar, justru akan keluar pada saat kita menghadapi kebingungan dan masalah bahkan profesi akan berubah karena keadaan-keadaan yang kita hadapi. Sebagai contoh kita lihat kehidupan Rahab - ia menghadapi kebingungan di tengah-tengah nyawanya dalam bahaya tembok Yeriko akan diruntuhkan, namun keputusan radikal yang dia ambil membuat Rahab seorang pelacur berubah profesinya menjadi nenek moyang Yesus Kristus.

Saya pun pernah menghadapi situasi yang tidak dapat saya hadapi, yang secara manusia mustahil, tidak ada harapan lagi, hidup penuh dengan kebingungan. Namun saya mau berkata kebingungan tidak berarti langsung buruk, mengapa? Karena Tuhan sanggup mengubah kehidupan kita menjadi berarti. Jadi apa yang kita lakukan di tengah kebingungan akan menentukan apakah kita akan berhasil atau jatuh, karena Tuhan kita adalah Tuhan yang mengubah situasi dan membuat kehidupan kita berarti maka iman kita di dalam Tuhan mengubah dari krisis menjadi kemenangan.

Di tengah krisis kita dapat melihat sisi baiknya yaitu kita dapat mengambil keputusan yang baik dan melihat peluang-peluang. Jika kita mengambil keputusan yang baik di tengah krisis maka hasilnya akan bersifat kekal.

Hal yang menarik sekali bagi saya sekali lagi dari kisah dari Rahab - seorang perempuan sundal yang mengalami krisis yang besar karena dia tahu Tuhan Allah Israel akan menghancurkan Yerikho seperti DIA kalahkan kekuatan Mesir, membelah Laut Merah dan menghancurkan Raja-raja orang Amori yang di seberang sungai Yordan itu. Di sini kita lihat seorang perempuan yang namanya Rahab sedang berhadapan dengan maut bagi dia dan keluarganya - keputusan apakah yang harus dia ambil di tengah-tengah krisis ini? Dibutuhkan keputusan yang radikal, benar dan tepat di saat krisis. Rahab mengambil keputusan yang tepat di tengah situasi yang kacau dan membingungkan.

Ada dua sisi yang kita lihat pada saat kita mengalami krisis; Apakah kita melihat krisis atau kebesaran TUHAN yang DIA tempatkan dalam diri kita? Jika kita hanya fokus pada krisis, kita akan hancur tetapi bila kita fokus pada potensi besar yang Tuhan tempatkan maka kita akan lihat - TRANSFORMASI terjadi. Sebab dengan Tuhan kita bisa melakukan segala hal - INGAT Tuhan menghormati iman kita dalam janji-Nya, iman kita dalam siapa DIA. Lihat Rahab, dia percaya Tuhan-NYa orang Israel adalah Tuhan-Nya langit dan bumi yang mampu menyelamatkan dia, seluruh keluarganya dan harta mereka. Iman Rahab dalam siapa Tuhan - dia mendapat keselamatan dan menjadi wanita iman yang luar biasa sampai namanya ada dalam sisilah Yesus Kristus.

Tuhan sudah memanggil kita dengan maksud-maksud yang kekal, tidak perduli apakah yang kita hadapi kita percayakan kepada DIA yang menyelesaikan. Di dalam kita ada Roh penyelesai, segala sesuatu yang DIA mulai, DIA akan menyelesaikan. Iman kita terhadap Tuhan yang sanggup memenuhi kehidupan kita akan kesempatan-kesempatan yang mengeluarkan potensi yang ada di dalam kita.

Dalam kasih-Nya
Maria Magdalena Ministry
www.mmmindo.org
Copyright 2007
Halaman :
1

Ikuti Kami